STUDI PENGEMBANGAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) TEMA PEDULI TERHADAP MAKHLUK HIDUP KELAS IV BERBASIS KECAKAPAN BELAJAR DAN BERINOVASI ABAD 21
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas, kepraktisan, dan efektivitas RPP dengan menggunakan model 4D Thiagarajan. Model ini terdiri dari 4 tahap yaitu Define, Design, Develop, dan Disseminate. Instrumen penelitian terdiri atas lembar validasi, lembar keterlaksanaan pembelajaran, angket respon guru, dan hasil belajar siswa. Analisis validasi RPP menggunakan Alpha Cronbach berada pada kategori “Valid” dengan skor 0,75. Keterlaksanaan RPP memenuhi kriteria “Sangat Praktis” dengan skor 4,12 dan respon guru tergolong “Sangat Praktis” dengan skor 4,60. Uji Efektivitas RPP menggunakan tes hasil belajar dengan rumus t (test) dengan t hitung > t tabel dan tingkat efektivitas RPP berdasarkan kriteria Efektivitas Size sebesar 1,21 berada pada tingkat efektivitas tinggi.
References
Allen, M.j., & Yen, W.M. (1979). Introduction to measurement theory. Monterey, Mexico: Brooks/Cole Publishing Company
Anugraheni, I. 2018. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Pendidikan Karakter Kreatif di Sekolah Dasar. Jurnal Refleksi Edukatika. Vol.8 No. 2 (133-138)
Arifin, Z. 2017. Kriteria Instrumen Dalam Suatu Penelitian. Jurnal Theorems. Vol. 2 No. 1 (28-36)
National Education Association. 2010. Preparing 21st Century Student for a Global Society: educator’s Guide to the “Four Cs”. (Online).(http://www.nea.org/assets/docs/A-Guide-to-Four-Cs.pdf, diakses pada 23 Mei 2019)
Peraturan Menteri pendidikan dan Kebudayaan republik Indonesia Nomor 21 tahun 2016 tentang Standar isi Pendidikan dasar dan Menengah. 2015. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Peraturan Menteri pendidikan dan Kebudayaan republik Indonesia Nomor 22 tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan dasar dan Menengah. 2015. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
PISA 2018: Programme for International Student Assessment (PISA) Results from PISA 2018. https://www.oecd.org/pisa/publications/pisa-2018-results.html (Diakses 13 Desember 2019)
Rahmi Ramadhani. 2016. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika yang Berorientasi pada Model Problem Based Learning. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif. Vol. 7 No. 2 (116-122)
Susiana, Nancy. 2014. Implementasi Keterampilan Abad 21 Dalam Kurikulum 2013. Tanggerang Reviewer dalam Proceeding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Sains, dan TIK STKI Surya 2014. ISBN : 978 – 602 – 14432 – 2 – 4
Thiagarajan, et.all. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. Indiana: University Bloomington
Trilling & Fadel. (2009). 21st Century Learning Skills. San Francisco, CA: John Wiley & Sons
Tri Sugiyono, dkk. 2017. Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Bervisi Sets dengan Metode Outdoor Learning untuk Menanamkan Nilai Karakter Bangsa. Jurnal of Primary Education. Vol 6. No 1
Ulfiana, dkk. 2018. Pengembangan Perangkat Pembelajaran
DOI: https://doi.org/10.23887/jpdi.v4i1.3418
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal ini diterbitkan oleh :
Universitas Pendidikan Ganesha
Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia indexed by:
Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.