PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) BERBANTUAN CD INTERAKTIF TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS V DI GUGUS II KECAMATAN KUTA TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model CPS berbantuan CD interaktif terhadap kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar matematika peserta didik kelas V Di Gugus II Kecamatan Kuta. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi eksperiment). Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Non Equivalent Posttest Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SD di Gugus 2 Kecamatan Kuta yang berjumlah 206. Sampel penelitian berjumlah 56 peserta didik. Data yang dikumpulkan adalah kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar metematika. Data dianalisis dengan menggunakan MANOVA berbantuan SPSS 17.00 for windows. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang mengikuti model pembelajaran CPS secara signifikan lebih baik daripada peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional (F =35,278;p < 0,05). Kedua, hasil belajar matematika peserta didik yang mengikuti model pembelajaran CPS secara signifikan lebih baik daripada peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional (F =15,196;p< 0,05). Ketiga, secara simultan kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar metematika antara peserta didik yang mengikuti model pembelajaran CPS secara signifikan lebih baik daripada peserta didik yang mengikuti model pembelajaran konvensional (F =18,848;p < 0,05).
Kata-kata kunci: Hasil Belajar Matematika, Kemampuan Pemecahan Masalah, Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Berbantuan CD Interaktif
Full Text:
PDFReferences
Arsyad, A. 2016. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Candiasa, I Made.
Candiasa, I M. 2004. Analisis Butir Disertai Aplikasi Dengan SPSS, Singaraja, Unit Penerbitan IKIP Negeri Singaraja.
---------------.2007. Statistik Multivariat. Singaraja: Undiksha.
Chotimah, N.H. 2015. “Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Berbantuan CD Interaktif Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Disposisi Matematis Siswa di Kelas IV pada SD Negeri 8 Palembang”.Tesis.Universitas PGRI Palembang. (Online). Tersedia pada http://respository/.upi.edu/386. pdf. Diakses pada tanggal 14 Mei 2018.
Dantes, Nyoman. 2007. Metodelogi Penelitian. Singaraja: Undiksha.
Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta.
Dwijanto. 2017. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Komputer terhadap Pencapaian Kemampuan Pemecahan Masalah dan Berpikir Kreatif Matematik Mahasiswa. Disertasi. Bandung: Sekolah Pascasajana UPI.
Gani, R.A. 2015. Pengaruh Penerapan Pembelajaran dengan Pendekatan Pemecahan Masalah terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah
Menengah Umum di Bandung. Tersedia di: http://digilib.upi.edu/pasca/available/etd-0425105-120503/ (Diakses pada 10 April 2018).
Hasbullah, L. 2016. Penerapan Model Pengajaran Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Madrasah Aliyah. Tersedia di: http://digilib.upi.edu/pasca/available/etd10021 06-144445/(Diakses pada 10 April 2018).
Japa, I Gusti Ngurah.2018. “Pengaruh Model Pembelajaran CPS Berbantuan CD Interaktif terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Terbuka Bagi Siswa Kelas V SD 4 Kaliuntu”. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan. Lembaga Penelitian Undiksha: Edisi April 2008.
Kruyg dan Reys. 2011. Problem Solving in School Mathematics. Washing-ton, D.C:NCTM.
Lie, A. 2015. Cooperative Learning, Mempraktekkan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarata: Gramedia.
Nopianto, H. 2016. Pembelajaran Martematika Berbasis Komputer Tipe Tutorial untuk meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP. Jurnal. http://digilib.upi.edu/pasca/available/etd-07 05106-114250/ (Diaksespada 09 April 2018).
Nurjanah, N. 2016. Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Pemeca-han Masalah untuk Meningkatkan Pemahaman Matematis Siswa (Penelitian Tindakan Kelas Terhadap Siswa Kelas VIII H SMP Ne-geri 12 Bandung). Tersedia di: http://digilib.upi.edu/pasca/availa-ble/etd-
-110512/ (Diakses pada 10 April 2018).
Ratnasari, D. 2015. “Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving Berbantuan CD Interaktif Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Hasil Belajar Matematik Siswa Kelas V SD Negeri 1 Payangan”. e-Journal program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. Volume 4 tahun 2015.
Schramm, W. 2014. Media Besar Media Kecil. Semarang: IKIP Semarang Press.
Suyitno, Amin. 2016. Dasar-dasar dan Proses Pembelajaran Matematika I. Semarang: FMIPA.
DOI: https://doi.org/10.23887/jpdi.v3i2.3489
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal ini diterbitkan oleh :
Universitas Pendidikan Ganesha
Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia indexed by:
Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.