Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Media Geogebra terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Abang

I MADE MAWA ., PROF.DR. I MADE CANDIASA, MI.Komp. ., Dr. KETUT AGUSTINI, S.Si, M.Si. .

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan media Geogebra terhadap motivasi dan prestasi belajar matematika siswa. Penelitian ini termasuk quasi eksperimen dengan rancangan non equivalent pretest-posttest control group design. Populasi penelitian siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Abang sebanyak 340 orang. Sampel penelitian adalah kelas VIII B, VIII D dan VIII H sebanyak 102 orang, yang diambil secara random. Data yang dikumpulkan adalah motivasi dan prestasi belajar matematika siswa. Data dianalisis dengan teknik MANCOVA pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat perbedaan motivasi dan prestasi belajar matematika antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan media GeoGebra, model pembelajaran kooperatif tipe STAD, dan model pembelajaran konvensional, (2) terdapat perbedaan motivasi belajar matematika antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan media GeoGebra, model pembelajaran kooperatif tipe STAD, dan model pembelajaran konvensional, dan (3) terdapat perbedaan prestasi belajar matematika antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan media GeoGebra, model pembelajaran kooperatif tipe STAD, dan model pembelajaran konvensional. Berdasarkan temuan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan media Geogebra berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi dan prestasi belajar matematika siswa.
Kata Kunci : STAD, Media Geogebra, Motivasi, Prestasi Belajar Matematika

ABSTRACT
This study aimed to finding out the effect of STAD cooperative learning with Geogebra to motivation and achievement mathematics learning. This research employed non equivalence pretest-posttest control group design. The population of this study were 340 students of eighth grade at SMP Negeri 1 Abang. The sample were 102 students of the class VIII B, VIII D and VIII H that selected by random sampling technique. The data was collected through motivation questionare and mathematics achievement test. The data were analyzed using multivariat analysis of covarians . The result of this study showed that (1) there was a significant different on motivation and achievement mathematics learning to students who learned with STAD cooperative learning with Geogebra, STAD cooperative learning, and conventional learning; (2) there was a significant different on motivation mathematics learning to students who learned with STAD cooperative learning with Geogebra, STAD cooperative learning, and conventional learning; (3) there was a significant different on achievement mathematics learning to students who learned with STAD cooperative learning with Geogebra, STAD cooperative learning, and conventional learning. Based on the research finding, it can be concluded that STAD cooperative learning with Geogebra has effect to motivation and acheivement mathematics learning.
keyword : STAD, Geogebra, Motivation, Mathematics Learning Achievement

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.23887/jtpi.v8i1.2251

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :

Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia indexed by: