Pengembangan modul pendidikan agama islam berbasis multikultural di SMA
Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan menghasilkan produk berupa modul pendidikan agama islam berbasis multikultural untuk siswa kelas X di SMA yang sudah teruji kelayakannya untuk memasukan nilai-nilai multikultural pada setiap pokok bahasannya.
Modul ini dikembangkan dengan mengadaptasi model pengembangan Dick dan Carey, dengan langkah-langkah pengembangannya yaitu, menganalisis kebutuhan untuk mengidentifikasi tujuan, menganalisis pembelajaran, menganalisis pembelajaran dan konteknya, menuliskan tujuan untuk kerja, mengembangkan instrumen penilaian, mengembangkan strategi pembelajaran, mengembangkan dan memilih bahan pembelajaran, merancang dan melaksanakan Evaluasi Formatif dan merevisi pembelajaran. Validasi draf mencakup (1) uji ahli isi; (2) uji ahli media; (3) uji ahli desain pembelajaran; (4) uji siswa perorangan; (5) uji kelompok kecil; dan (6) uji lapangan.
Hasil review uji ahli isi, ahli media dan ahli desain menyatakan bahwa modul pendidikan agama islam berbasis multikultural yang dikembangkan sudah layak. Prosentase keseluruhan subyek pada ahli isi dan ahli desain sebesar 91,67% dan 90,63% yang terletak pada kategori sangat baik, sedangkan ahli media memberikan tanggapan disetiap subyeknya adalah sesuai antara gambar dengan sasaran yang ada disetiap modulnya. Hasil prosentase keseluruhan subyek pada uji perorangan yaitu sebesar 89,55% terletak pada kualifikasi baik. Hasil prosentase keseluruhan subyek pada uji kelompok kecil yaitu sebesar 87,53% dengan kualifikasi baik. Hasil prosentase keseluruhan subyek pada uji lapangan untuk pendidik yaitu sebesar 90,13% dengan kualifikasi sangat baik. Hasil prosentase keseluruhan subyek pada peserta didik dalam uji lapangan yaitu sebesar 88,07% dengan kualifikasi baik. Hasil prosentase keseluruhan peserta didik dalam uji lapangan sebesar 88,07% terletak pada kualifikasi baik.
Kata Kunci : pengembangan modul, model Dick dan Carey, nilai-nilai multikultural, pendidikan agama islam
This delopment reaserch is aimed to produce a product of multiculture based of islam education module for x grade of SMA students, of which proper has been evaluated to insert the multicultural values in each subtitle of islamic education.
The module is developed by adapting Dick and Carey developing model with the following steps: analysing requirements to identify the goals (instructional goals), analysing the learning process, analysing the learning process and its contexts, writing the goals of performance, developing evaluation instruments, developing teaching strategy, developing and selecting teaching materials, constructing and conducting formative evaluation, revising the learning process. Draft validation involves (1) Judge of content expert; (2) Judge of media expert; (3) Judge of teaching design; (4) Test of students individually; (5) Test of small groups; and (6) test of field.
The result of expert content judge, media expert and design expert stated that the multiculture based module is already proper. Percentage of the whole subject of design and content experts is 91,67% and 90,63% catagorized as good furthermore media expert responded that in each module pictures and targets are already appropriate. Percentage of the whole subjects on individual test that is 89,55% and qualified as good. Percentage of the whole subjects on test of small groups is 87,53% and qualified as good. Percentage of subjects on field test is 90,13%, qualified good. Percentage of the whole subjects on filed test is 88,07% and qualified good. Percentage of field test for all students is 88,07% qualified as good.
keyword : developing module of teaching learning, Dick and Carey model, multicultural values of islamic education.
Modul ini dikembangkan dengan mengadaptasi model pengembangan Dick dan Carey, dengan langkah-langkah pengembangannya yaitu, menganalisis kebutuhan untuk mengidentifikasi tujuan, menganalisis pembelajaran, menganalisis pembelajaran dan konteknya, menuliskan tujuan untuk kerja, mengembangkan instrumen penilaian, mengembangkan strategi pembelajaran, mengembangkan dan memilih bahan pembelajaran, merancang dan melaksanakan Evaluasi Formatif dan merevisi pembelajaran. Validasi draf mencakup (1) uji ahli isi; (2) uji ahli media; (3) uji ahli desain pembelajaran; (4) uji siswa perorangan; (5) uji kelompok kecil; dan (6) uji lapangan.
Hasil review uji ahli isi, ahli media dan ahli desain menyatakan bahwa modul pendidikan agama islam berbasis multikultural yang dikembangkan sudah layak. Prosentase keseluruhan subyek pada ahli isi dan ahli desain sebesar 91,67% dan 90,63% yang terletak pada kategori sangat baik, sedangkan ahli media memberikan tanggapan disetiap subyeknya adalah sesuai antara gambar dengan sasaran yang ada disetiap modulnya. Hasil prosentase keseluruhan subyek pada uji perorangan yaitu sebesar 89,55% terletak pada kualifikasi baik. Hasil prosentase keseluruhan subyek pada uji kelompok kecil yaitu sebesar 87,53% dengan kualifikasi baik. Hasil prosentase keseluruhan subyek pada uji lapangan untuk pendidik yaitu sebesar 90,13% dengan kualifikasi sangat baik. Hasil prosentase keseluruhan subyek pada peserta didik dalam uji lapangan yaitu sebesar 88,07% dengan kualifikasi baik. Hasil prosentase keseluruhan peserta didik dalam uji lapangan sebesar 88,07% terletak pada kualifikasi baik.
Kata Kunci : pengembangan modul, model Dick dan Carey, nilai-nilai multikultural, pendidikan agama islam
This delopment reaserch is aimed to produce a product of multiculture based of islam education module for x grade of SMA students, of which proper has been evaluated to insert the multicultural values in each subtitle of islamic education.
The module is developed by adapting Dick and Carey developing model with the following steps: analysing requirements to identify the goals (instructional goals), analysing the learning process, analysing the learning process and its contexts, writing the goals of performance, developing evaluation instruments, developing teaching strategy, developing and selecting teaching materials, constructing and conducting formative evaluation, revising the learning process. Draft validation involves (1) Judge of content expert; (2) Judge of media expert; (3) Judge of teaching design; (4) Test of students individually; (5) Test of small groups; and (6) test of field.
The result of expert content judge, media expert and design expert stated that the multiculture based module is already proper. Percentage of the whole subject of design and content experts is 91,67% and 90,63% catagorized as good furthermore media expert responded that in each module pictures and targets are already appropriate. Percentage of the whole subjects on individual test that is 89,55% and qualified as good. Percentage of the whole subjects on test of small groups is 87,53% and qualified as good. Percentage of subjects on field test is 90,13%, qualified good. Percentage of the whole subjects on filed test is 88,07% and qualified good. Percentage of field test for all students is 88,07% qualified as good.
keyword : developing module of teaching learning, Dick and Carey model, multicultural values of islamic education.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.23887/jtpi.v8i3.2265
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal ini diterbitkan oleh :
Universitas Pendidikan Ganesha
Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia indexed by: