PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TERHADAP HASIL BELAJAR BOLAVOLI DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR

Dea Angga Pertiwi Savitri, I Nyoman Kanca, Made Agus Dharmadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran  kooperatif terhadap hasil belajar bolavoli ditinjau dari motivasi belajar.  Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi experimental) dengan mengunakan desain faktorial 2x2. Populasi berjumlah 465 orang peserta didik SMK Negeri 1 Singaraja. Sampel berjumlah 114 orang peserta didik ditentukan dengan teknik simple random sampling,

Data kemampuan hasil belajar diperoleh melalui tes hasil belajar, sedangkan data motivasi belajar dikumpulkan melalui kuisioner motivasi belajar. Kedua instrumen telah divalidasi sebelum diberikan pada sampel penelitian. Selanjutnya, data dianalisis dengan menggunakan ANAVA dua jalur.

Hasil analisis data menunjukkan bahwa: 1) terdapat perbedaan hasil belajar passing bola voli antara peserta didik yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe GI dan tipe TGT, 2) terdapat pengaruh interaksi yang siginifikan antara model pembelajaran dengan motivasi belajar terhadap hasil belajar passing bolavoli pada peserta didik, 3) terdapat perbedaan hasil belajar passing bola voli antara peserta didik yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe GI dan tipe TGT pada peserta didik dengan motivasi belajar tinggi, 4) terdapat perbedaan hasil belajar passing bola voli antara peserta didik yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe GI dan tipe TGT pada peserta didik dengan motivasi belajar rendah.

Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar passing bolavoli. Model pembelajaran kooperatif tipe GI lebih unggul dibandingkan model pembelajaran kooperatif tipe TGT pada kelompok peserta didik dengan motivasi belajar tinggi sedangkan Model pembelajaran kooperatif tipe TGT lebih unggul dibandingkan model pembelajaran kooperatif tipe GI pada motivasi belajar rendah.

 

Kata Kunci: Bolavoli; Hasil Belajar; Kooperatif; Motivasi Belajar


Full Text:

PDF

References


Agus Dharmadi, Made. 2009. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Observasional Bandura Terhadap Hasil Belajar Teknik Dasar Bola Basket Ditinjau Dari Kemampuan Koordinasi Mata Dan Tangan (Studi Pada Mahasiswa Semester III Jurusan Penjaskesrek FOK Undiksha Tahun Akademik 2009/2010). Universitas Pendidikan Ganesha. Singaraja. Online Article. Diunduh 9 September 2019

Amung Ma'mun, Toto Subroto. 2001. Pendekatan Keterampilan Taktis dalam Pembelajaran Bola Voli. Jakarta: Direktorat Jendral Olahraga.

Ahmadi, Nuril. 2007. Panduan Olahraga Bola Voli.Solo: Era Pustaka Utama.

Arsaythamby Veloo, Sitie Chairhany. 2013. Fostering students’ attitudes and achievement in probability using teams-games-tournaments. School of Education and Modern Languages, Universiti Utara Malaysia. Online Article. Diunduh 11 Oktober 2019

Bekti Wulandari, Herman Dwi Surjono. 2013. Pengaruh Problem-Based Learning Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari Motivasi Belajar PLC di SMK. Program Studi Pendidikan Pendidikan Teknik Informatika. Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta. Online Article. Diunduh 11 Oktober 2019

Candiasa, I Made. 2004. Statistik Multivariat Disertasi Aplikasi dengan SPSS. Singaraja: IKIP Negeri Singaraja

Dantes, 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta: C.V Andi Offset.

Dimyati dan Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. 2008. Kurikulum dan pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Isjoni. 2009. Pembelajaran Kooperatif Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi Antar Peserta Didik. Pekanbaru: Pustaka Pelajar

I Ketut Wiratana, I Wayan Sadia, Ketut Suma. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Investigasi Kelompok (Group Investigation) Terhadap Keterampilan Proses Dan Hasil Belajar Sains Siswa SMP. Program Studi Pendidikan IPA. Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. Singaraja. Online Article. Diunduh 11 Oktober 2019

Jatmiko, Budi. 2004. Model-model Pembelajaran (DI, Kooperatif, dan PBI). Departemen Pendidikan nasional

Kanca. 2010. Metode Penelitian Pengajaran Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Buku Ajar. Singaraja: Fakultas Olahraga dan Kesehatan

Kanca. 2017. Pengembangan Profesionalisme Guru Penjasorkes. Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Malang. Online Article. Diunduh 9 September 2019

K. Suartika, I B. Arnyana, G A. Setiawan. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (Gi) Terhadap Pemahaman Konsep Biologi Dan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SMA. Program Studi Pendidikan IPA. Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. Singaraja. Online Article. Diunduh 11 Oktober 2019

Nurhadi, dkk. 2004. Pembelajaran Kontekstual (Contekstual Teaching and Learning/CTL) dan Penerapannya Dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang.

Pardijono dan Hidayat,T. 2011. BolaVoli. Surabaya: Unesa.

Putra Budi Kurniawan, Harry Pramono, Fakhruddin.2016. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Sepakbola. Online Article. Diunduh 27 Agustus 2019

Putu Enny Rusmawati, I Made Candiasa, I Made Kirna . 2013. Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TGT terhadap prestasi belajar matematika ditinjau dari motivasi berprstasi peserta didik kelas VIII SMP Nger 2 Semarapura tahun pelajaran 2012/2013. Program Studi Teknologi Pembelajaran. Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. Singaraja. Online Article. Diunduh 23 September 2019

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovtif dalam Kurikulu 2013. Yogyakarta: Ar-ruz Media.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Sudiana, Nyoman. 2006. Interaksi Belajar MengajarBahasa dan Sastra Indonesia, Sidoarjo: Media Ilmu.

Sudjana, Nana. 2004. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suherman, Adang. 2000. Dasar-Dasar Penjaskes. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Suroto, dkk. 2007. Pembelajaran Penjasorkes inovatif untuk pendidikan dasar. Surabaya: Departemen Pendidikan Nasional.

Slavin, Robert.E. 2009. Cooperative learning. Ed. Boston: Allyn and Bacon.

Suprijono, Agus 2009. Cooperative Learning. Surabaya: Pustaka Pelajar.

Trianto, 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berbasis Konstruktivistik, Jakarta: hasil pustaka publisher.

Wahjoedi, I Putu Panca Adi, Damiati. 2017. Model Pengembangan Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini Berbasis Outbound Di Kota Singaraja, Seminar Nasional Riset Inovatif. Online Article. Diunduh 9 September 2019

Yoda, I Ketut. 20015. Pengembangan Model Pembelajaran Kooperatif berbasis Kearifan Lokal (Pkbkl) Bali (Konsep Tripramana) Untuk Mata Pelajaran Penjasorkes Di SMP. Online Article. Diunduh 23 September 2019.




DOI: https://doi.org/10.23887/jtpi.v10i1.3393

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :

Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia indexed by: