PENGEMBANGAN MEDIA WEBSITE STUDENT COMMUNITY MATA PELAJARAN JARINGAN KOMPUTER PADA PROGRAM STUDI TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
Abstract
Abstrak
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat media pembelajaran jaringan kompter yang dapat diimplementasikan di sekolah memengah kejuruan (SMK). Secara operasional, kegiatan dilakukan mulai dari tahapan mendeskripsikan proses rancang bangun website kolaboratif TKJ Student Communty, dilanjutkan dengan pembuatan protitipa dan pemaparan tanggapan ahli terhadap komponen prototipa. Tahapan selanjutnya adalah melakukan uji coba kelompok kecil dan uji lapangan, serta penjaringan tanggapan subjek uji coba, dan perbaikan kinerja website kolaboratif yang dikembangkan. Prosedur pengembangannya menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) untuk mendapatkan data uji ahli isi, ahli desain pembelajaran dan ahli media, data dari uji perseorangan, uji kelompok kecil, uji guru mata pelajaran dan uji lapangan dengan desain pretest dan posttest. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, penyebaran angket dan tes. Data yang didapatkan selanjutnya dianalisis deskriptif dan uji-t. Hasil uji ahli menunjukkan bahwa tanggapan uji ahli media sangat baik, tanggapan ahli desain pembelajaran berkategori sangat baik, dan tanggapan ahli isi berkategori baik . Adapun tanggapan siswa atas website ini adalah berkategori baik dengan persentase 80,48% dan tanggapan guru mata pelajaran berkategori sangat baik dengan persentase 87,79%. Analisis data hasil belajar siswa menunjukkan adanya peningkatan rata-rata hasil belajar siswa setelah dilakukan proses pembelajaran menggunakan media website TKJ Student Communt.
Kata Kunci : website TKJ student community, pembelajaran kolaboratif, hasil belajar.
Abstract
The purposed of this research of development is to build a learning media of computer network that could be implemented at vocational high school. Operationaly, the activity start from describes the process of development of TKJ Student Community collaborative website, followed by making the prototype and exposure of expert reponse to prototype component. The next activity is small group test, field test, gathering the test subject respons and improve the perfomence of the website. The development procedure use ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) model to obtain the data from content, learning design, and media expert, data from the teacher, small group, and field test by pretest-postest design. The data collection are analyzed by descriptive analysis and t-test. The result of media expert test shows that the response is very good, the response of content expert is good and the response of learning design is very good. The student response are include of good category by percentage at 80,48% and the teacher response are include of good category by percentage at 87,97%. The analysis of student learning outcomes shows that the enchancment of learning outcomes averages after learning process with TKJ Student Community website.
Keyword : TKJ student communty collaborative website, collaborative learning, learning outcome.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.23887/jtpi.v3i1.762
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal ini diterbitkan oleh :
Universitas Pendidikan Ganesha
Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia indexed by: