PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPA BERBASIS MASALAH PADA TOPIK KLASIFIKASI BENDA UNTUK SISWA KELAS VII SMP

Ni Luh Gede Karang Widiastuti, I Wayan Subagia, I Nyoman Tika

Abstract


Abstrak:

 

         Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar IPA berbasis masalah pada topik klasifikasi benda untuk siswa kelas VII SMP yang valid, praktis dan efektif digunakan dalam pembelajaran.Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development), dengan mengikuti langkah pengembangan dari Sugiyono (2011). Proses dalam penelitian ini terdiri dari tiga tahapan pokok pengembangan yaitu: (1) penyusunan draf bahan ajar, (2) uji ahli, (3) uji lapangan dalam skala terbatas. Penelitian ini dilakukan di SMP N 4 Abiansemal pada kelas VIIA dengan jumlah siswa 36 orang.. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) bahan ajar IPAyang dikembangkan dinyatakan valid dilihat dari nilai validitas buku siswa adalah 4,83 dan validitas buku guru adalah 4,86 dari skor maksimum yang ditetapkan 5,00, (2) Bahan ajar IPA dinyatakan praktis dilihat dari keterlaksanaan bahan ajar, respon guru, dan respon siswa terhadap bahan ajar dengan skor rata-rata 3,87 (praktis); 3,94 (praktis); 3,76 (praktis) dari skor maksimum yang ditetapkan 5,00, (3) bahan ajar IPAdinyatakan efektif meningkatkan hasil belajar siswa dilihat dari skor rata-rata posttest yang diperoleh sebesar 86,74 dan nilai gain ternomalisasi sebesar 0,77 yang dapat dikategorikan sangat baik.Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa bahan ajar IPA berbasis masalah yang dikembangkan telah memiliki kualitas yang baik dan memenuhi standar kelayakan bahan ajar yang meliputi tiga aspek yaitu valid, praktis dan efektif.

 

Kata-kata kunci: bahan ajar, IPA, berbasis masalah.

 

Abstract:

 

This study aims to produce science-based teaching materials problem on the topic of object classification for class VII students who are valid, practical and effective in learning. This research is a research and development, by following the development steps of Sugiyono (2011). The process in this study consisted of three main stages of development, namely: (1) preparation of the draft teaching materials, (2) expert testing, (3) field testing on a limited scale. This research was conducted at SMP N 4 Abiansemal in class VIIA with a total of 36 students. The results of this study indicate that: (1) the science teaching material developed was declared valid based on the value of the validity of student books is 4.83 and the validity of teacher's books was 4, 86 of the maximum score set of 5.00, (2) Natural science teaching materials are expressed practically in terms of the implementation of teaching materials, teacher responses, and student responses to teaching materials with an average score of 3.87 (practical); 3.94 (practical); 3.76 (practical) of the maximum score set of 5.00, (3) IPAD teaching materials are declared to be effective in improving student learning outcomes seen from the average posttest score obtained by 86.74 and the nominal gain value of 0.77 which can be categorized very good. Based on the results of these studies it can be concluded that the problem-based science teaching materials developed have good quality and meet the standards of teaching material eligibility which include three aspects, namely valid, practical and effective.

 

Keywords: teaching materials, Integrated Science, problem base learning.


Full Text:

PDF

References


Jayadiningrat, Made Gautama, and Emirensia K. Ati. "Peningkatan Keterampilan Memecahkan Masalah Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Pada Mata Pelajaran Kimia." Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia 2.1 (2018): 1-7.

Kementerian Pendidikan Nasional.2010.Panduan Pengembangan Pembelajaran IPA Secara Terpadu., Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama

Kemendikbud. 2013. Materi Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013. Ilmu Pengetahuan Alam SMP. Jakarta: Kemendikbud

Slavin, R.E.1997. Educational Psychology Teory and Practice. (5th Ed). Singapore: Allyn and Bacon.

Suastra, I W. 2009. Pembelajaran Sains Terkini. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono.2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berbasis Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

----------. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasar, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.

-----------. 2010. Model Pembelajaran Terpadu-Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Surabaya: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha




Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia indexed by:

 

  Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch  




Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.