PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF

I Wayan Dedi Armana, I Wayan Lasmawan, I Putu Sriartha

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap keterampilan berpikir kritis dan kreatif siswa secara parsial dan simultan.Jenis penelitian  yaitu kuasi eksperimen dengan desain Posttest Online Noequivalent Control Group Desain. Populasi yaitu siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Marga Tahun Pelajaran 2019/2020. Penarikan sampel menggunakan random sampling diperoleh kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII F sebagai kelas kontrol. Data dikumpulkan menggunakan tes keterampilan berpikir kritis dan berpikir kreatif serta dianalisis secara deskriptif menggunakan analisis Manova yang didahului uji hipotesis, meliputi Uji normalitas data menggunakan statistic Kolmogorov-Smirnov. Uji homogenitas varian menggunakan statistic Levene. Uji homogenitas matriks varians-kovarian uji Box’M serta uji kolinieritas antar variabel terikat menggunakan korelasi product moment. Semua pengujian dilakukan pada taraf signifikasi 5% dengan bantuan program komputer SPSS 22 for Windows.Hasil penelitian menunjukkan Pertama terdapat perbedaan yang signifikan variabel keterampilan berpikir kritis antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol (DI) (F= 9,566; 0,003<0,05) dan batas penolakan LSD sebesar 5,84 dengan ∆m sebesar 2,85 di mana harga mutlak |mi - mj| > LSD. Kedua, terdapat perbedaan yang signifikan variabel keterampilan berbikir kreatif antar kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol (DI) (F= 31,523; 0,000<0,05) dan batas penolakan LSD sebesar 9,27 dengan ∆m Sebesar 4,15 di mana harga mutlak |mi - mj| > LSD. Ketiga terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran terhadap keterampilan berpikir kritis dan berpikir kreatif (F= 19,292; 0,000<0,05). Hal ini menunjukkan Kelompok siswa yang belajar dengan Problem Based Learning memiliki keterampilan berpikir kritis danberpikir kreatif yang lebih baik dibandingkan dengan kelompok siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional

Kata kunci: Keterampilan Berpikir Kritis dan Kreatif; Problem Based Learning

 


Full Text:

PDF

References


Ahmad. 2015. Metode Pemecahan Masalah Dalam Pembelajaran Mata KuliahAkuntansi Untuk Dapat Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Tesis. Penerbit: Universitas Lampung

Akbar Hawadi, Reni. 2001. Psikologi Perkembangan Anak Mengenal Sifat, Bakat, Dan Keterampilan Anak. Jakarta: Grasindo

Alec Fisher. 2008. Berpikir Kritis Sebuah Pengantar. Jakarta: Erlangga

Depdiknas. 2006. PBL. Tersedia pada: http://www.pembelajaran.com/pbl.htm. Diakses pada tanggal 2 Juli 2019.

Fahrudin. 2012. Thinking Skill (Pengantar Menuju Berpikir Kritis). Yogyakarta : SUKA-Press UIN Sunan Kalijaga

Haryanti, A.A. Sri. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Example Non Example terhadap Pemahaman Konsep IPS dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran IPS SMP Negeri 2 Marga. Tesis Pasca Sarjana Undiksha Jurusan Pendidikan IPS.

Kertayasa. 2014. [Online]. http://www.indonesiapisacenter.com/2014/03/tentang-website.html?m=1.diakses pada 13 Mei 2020.

Kurniasari, Y. 2014. Pengaruh Pembelajaran IPS Terpadu terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Bermakna pada Siswa. Tesis, Universitas Pendidikan Indonesia,2014

Lasmawan, W .2010. Menelisik pendidikan IPS dalam perspektif kontekstual empiris. Singaraja: Mediakom Indonesia Press Bali

Maryani, E. 2011. Pengembangan Program Pembelajaran IPS untuk PeningkatanKeterampilan Sosial. Bandung: CV Alfabeta.

Munandar, S.C. Utami.2012. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta

Nurhadi.Dkk. 2004. Kurikulum 2004. Jakarta: PT. Grasindo.

Rusman. 2014. Model-model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru). Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sadia, I W. 2008. Model pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis. Jurnal pendidikan dan Pengajaran Undiksha, 41(2), 219-237, April 2008.

Somantri, M.N. 2001.Menggagas Pembaharuan Pendidikan IPS. Bandung : SPS UPI.

Sudjana, N. 2006. Penilaian hasil proses belajar mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sungur, S., Tekkaya, C., & Geban, O. 2006. Improving achievement through problem based learning. JBE, 40 (4), 155-160. Tersedia pada http://www.iob.org/ userfiles/File/JBEarchive/JBE_40_4_Sungur.pdf. Diakses pada 15 Januari 2019.

Suparno, P. 1997. Filsafat konstruktivisme dalam pendidikan. Yogyakarta: Kanisius.

Tandogan, R. O. & Akinoglu, O. 2007. The effect of problem-based active learning in science education on students’ academic achievement, attitude dan concept learning. Eruasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education, 3(1), 71-81, 2019.

Wulandari, B. & Surjono, D.H.2013. Pengaruh Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Motivasi Belajar PLC di SMK. Jurnal PendidikanVokasi, Vol. 3, Nomor 2, Juni 2013, Diakses tanggal 15 Mei 2020.




DOI: https://doi.org/10.23887/pips.v4i2.3380

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha




Jurnal Pendidikan IPS Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pendidikan IPS Indonesia indexed by:

 

  Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 




Jurnal Pendidikan IPS Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.