IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KONSTEKTUAL TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPA DAN KETRAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA

MADE AYU SRI ARIANI ., Prof. Dr. Ni Putu Ristiati, M.Pd. ., Dr.I Gusti Agung Nyoman Setiawan,M.Si .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis 1) perbedaan Pemahaman Konsep (PK) IPA dan Ketrampilan Berpikir Kritis (KBK) antara siswa yang belajar dengan Model Pembelajaran Kontekstual (MPK) dengan siswa yang belajar dengan Model Pembelajaran Langsung (MPL) 2) perbedaan PK antara siswa yang belajar MPK dengan MPL, 3) perbedaan KBK antara siswa yang mengikuti MPK dan MPL. Penelitian ini tergolong eksperimen semu dengan rancangan Post-Test Only Control Group Design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri I Kuta Utara tahun pelajaran 2013/2014. Sampel diambil dengan teknik group random sampling. Data dikumpulkan dengan tes. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan MANOVA satu jalur. Berdasarkan hasil analisis data ditemukan hasil penelitian bahwa (1) Terdapat perbedaan Pemahaman Konsep dan Ketrampilan Berpikir Kritis antara siswa yang belajar dengan Model Pembelajaran Kontekstual dengan Model Pembelajaran Langsung,signifikasi< 0,05 (2) Terdapat perbedaan Pemahaman Konsep antara Model Pembelajaran Kontekstual dengan Model Pembelajaran Langsung (F= 277,337;p<0,05). (3) Terdapat perbedaan Ketrampilan Berpikir kritis antara siswa yang belajar dengan Model Pembelajaran Kontekstual dengan Pembelajaran Langsung (F= 20,838; p<0,05).
Kata Kunci : Model Pembelajaran Kontekstual, Pemahaman Konsep, Ketrampilan Berpikir Kritis

This study aims to identify and analyze 1) Understanding the difference concept (UC) Science and Critical Thinking Skills (CTS) between students who learn with Contextual Learning Model (CLM) with students learning with Learning Models Direct (LMD) 2) UC differences between students learn CLM andDIC , 3 ) the difference between the CTS and the students who take the CLM andDIC . This study was classified as a quasi-experimental design with Post - Test Only Control Group Design . The sample was eighth grade students of SMP Negeri I North Kuta academic year 2013/2014 . Samples were taken with a group of random sampling techniques . Data collected by the test . Data were analyzed using descriptive statistics and MANOVA one lane . Based on the analysis of the results of the study found that ( 1 ) There are differences in understanding of concepts and critical thinking skills among students who learn with Contextual Learning Model with Learning Models Direct , significance < 0.05 ( 2 ) There is a difference between the concept of Understanding Contextual Learning Model with Model Direct learning ( F = 277.337 , p <0.05 ) . ( 3 ) There are differences between the critical thinking skills students learn with Contextual Learning Modelwith Learning Direct(F=20.838,p<0.05)
keyword : Contextual Learning , Understanding Concepts ,Critical Thinking Skills

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha




Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia indexed by:

 

  Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch  




Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.