PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) menganalisis perbedaan Keterampilan Berpikir Kreatif (KBK) dan Keterampilan Proses Sains (KPS) antara siswa yang mengikuti kegiatan pembelajaran dengan model pembelajaran generatif dengan siswa yang mengikuti kegiatan pembelajaran dengan model pembelajaran langsung, (2) menganalisis perbedaan KBK antara siswa yang mengikuti kegiatan pembelajaran dengan model pembelajaran generatif dengan siswa yang mengikuti kegiatan pembelajaran dengan model pembelajaran langsung dan (3) menganalisis perbedaan KPS antara siswa yang mengikuti kegiatan pembelajaran dengan model pembelajaran generatif dengan siswa yang mengikuti kegiatan pembelajaran dengan model pembelajaran langsung.
Penelitian ini menggunakan nonequivalent control group design. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Negara Tahun Ajaran 2013/2014 dan sampel penelitian adalah siswa kelas XI IPA 5 dan XI IPA 6 yang dipilih dengan simple random sampling. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif dan dilanjutkan dengan menggunakan one way MANOVA.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ; (1) terdapat perbedaan KBK dan KPS antara siswa yang mengikuti kegiatan pembelajaran dengan model pembelajaran generatif dengan siswa yang mengikuti kegiatan pembelajaran dengan model pembelajaran langsung (Fhitung = 168,333; p <0,005), (2) terdapat perbedaan KBK antara siswa yang mengikuti kegiatan pembelajaran dengan model pembelajaran generatif dengan siswa yang mengikuti kegiatan pembelajaran dengan model pembelajaran langsung (F hitung = 341,005; p <0,005) dan (3) terdapat perbedaan KPS antara siswa yang mengikuti kegiatan pembelajaran dengan model pembelajaran generatif dengan siswa yang mengikuti kegiatan pembelajaran dengan model pembelajaran langsung (Fhitung = 181,456; p <0,005).
Kata Kunci : model pembelajaran generatif,keterampilan berpikir kreatif, keterampilan proses sains
The purposes of this study are: (1) to analyze the difference of creative thinking skill and science process skill; (2) to analyze the difference of creative thinking skill; and (3) to analyze the difference of science process skill between students who follow learning activity by using generative model with students who followed learning activity by using direct learning model.
This study used nonequivalent control group design. The population of this study was the eleventh grade students of SMA Negeri 1 Negara in the Academic Year of 2013/2014. The sample of this study was students of class XI IPA 5 and students of class XI IPA 6 chosen by simple random sampling. The technique of analyzing data was done descriptively and continued by using one way MANOVA.
The results of study show that: (1) there was a significant difference of creative thinking skill and science process skill between students who followed learning activity by using generative learning model with students who follow learning activity by suing direct learning model (Fcalculate= 168,333; p <0,005); (2) there was a significant difference of creative thinking skill between students who followed learning activity by using generative learning model with students who followed learning activity by using direct learning model (Fcalculate = 341,005; p <0,005); and (3) there was a significant difference of science process skill between students who followed learning activity by using generative learning model and students who followed learning activity by using direct learning model (Fcalculate = 181,456 and p <0,005).
keyword : generative learning model, creative thinking, science process skills
Penelitian ini menggunakan nonequivalent control group design. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Negara Tahun Ajaran 2013/2014 dan sampel penelitian adalah siswa kelas XI IPA 5 dan XI IPA 6 yang dipilih dengan simple random sampling. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif dan dilanjutkan dengan menggunakan one way MANOVA.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ; (1) terdapat perbedaan KBK dan KPS antara siswa yang mengikuti kegiatan pembelajaran dengan model pembelajaran generatif dengan siswa yang mengikuti kegiatan pembelajaran dengan model pembelajaran langsung (Fhitung = 168,333; p <0,005), (2) terdapat perbedaan KBK antara siswa yang mengikuti kegiatan pembelajaran dengan model pembelajaran generatif dengan siswa yang mengikuti kegiatan pembelajaran dengan model pembelajaran langsung (F hitung = 341,005; p <0,005) dan (3) terdapat perbedaan KPS antara siswa yang mengikuti kegiatan pembelajaran dengan model pembelajaran generatif dengan siswa yang mengikuti kegiatan pembelajaran dengan model pembelajaran langsung (Fhitung = 181,456; p <0,005).
Kata Kunci : model pembelajaran generatif,keterampilan berpikir kreatif, keterampilan proses sains
The purposes of this study are: (1) to analyze the difference of creative thinking skill and science process skill; (2) to analyze the difference of creative thinking skill; and (3) to analyze the difference of science process skill between students who follow learning activity by using generative model with students who followed learning activity by using direct learning model.
This study used nonequivalent control group design. The population of this study was the eleventh grade students of SMA Negeri 1 Negara in the Academic Year of 2013/2014. The sample of this study was students of class XI IPA 5 and students of class XI IPA 6 chosen by simple random sampling. The technique of analyzing data was done descriptively and continued by using one way MANOVA.
The results of study show that: (1) there was a significant difference of creative thinking skill and science process skill between students who followed learning activity by using generative learning model with students who follow learning activity by suing direct learning model (Fcalculate= 168,333; p <0,005); (2) there was a significant difference of creative thinking skill between students who followed learning activity by using generative learning model with students who followed learning activity by using direct learning model (Fcalculate = 341,005; p <0,005); and (3) there was a significant difference of science process skill between students who followed learning activity by using generative learning model and students who followed learning activity by using direct learning model (Fcalculate = 181,456 and p <0,005).
keyword : generative learning model, creative thinking, science process skills
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal ini diterbitkan oleh :
Universitas Pendidikan Ganesha
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia indexed by:
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.