PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN SAINS TEKNOLOGI DAN MASYARAKAT UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA

NI WAYAN INTAN PRADNYANDARI ., PROF. DR. I B. PUTU ARNYANA, M.Si. ., DR. I GST.AGUNG NYM.SETIAWAN, M.Si. .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran biologi berbasis model pembelajaran sains teknologi dan masyarakat yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa SMA. Jenis penelitian ini termasuk penelitian pengembangan dengan rancangan penelitian termasuk Pre-experimental menggunakan One-group pretest-posttest design. Pengembangan modul pembelajaran menggunakan model 4-D menurut Tiagarajan dkk meliputi : 1) define; 2) design; 3) develop; dan 4) disseminate. Dalam penelitian ini hanya dilakukan 3 tahapan yaitu define, design, dan develop, sedangkan tahap disseminate tidak dilakukan karena keterbatasan waktu. Hasil penelitian yang diperoleh produk yang dikembangkan telah memenuhi syarat validitas dengan skor rata-rata 4,23 dengan kategori sangat valid. Produk yang dikembangkan telah memenuhi syarat kepraktisan dengan skor rata-rata keterlaksanaan modul pembelajaran dari empat kali pertemuan sebesar 4,25 dengan kategori sangat praktis, respon guru terhadap keterlaksanaan modul pembelajaran yang dikembangkan memperoleh skor rata-rata 4,4 yang termasuk dalam kategori sangat praktis, dan skor rata-rata respon siswa terhadap keterlaksanaan modul pembelajaran yang dikembangkan adalah 4,08 berada pada kategori praktis. Produk yang dikembangkan telah memenuhi syarat efektivitas untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dengan nilai rata-rata tes keterampilan berpikir kritis 85,92 dengan kriteria tuntas dan hasil uji t memperoleh p value < 0,05 menunjukkan modul dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis secara signifikan. Dengan demikian modul pembelajaran yang dikembangkan dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dari segi validitas, kepraktisan dan efektivitas.
Kata Kunci : modul pembelajaran, sains teknologi dan masyarakat, keterampilan berpikir kritis

This research aims to generate biology learning module with the Science-Technology-Society learning model that has validity, practicality and affectivity requirement to improve student critical thinking skill. This research and development included to Pre-experimental used One-group pretest-posttest design. Learning module development uses 4-D model .According Tiagarajan et al (1974) elements of 4-D model development include: 1) define; 2) design; 3) develope; and 4) disseminate. In this research only carried three stages, that is define, design and develope, while the disseminate stage is not carried due to limited time. The research results obtained: 1) learning module were developed based on validation by experts and practitioners to obtain an average score of 4.23 which includes a very valid category, 2) learning module meet the practical criteria based on the results of the feasibility study obtain an average score of 4.25 with the very practical categories, the average score of teachers response are 4.4 in the category of very practical and student responses are 4.08 in the category of practical, 3) the modul meets the criteria for effective learning based on the test results which indicated by students critical thinking skill. This is evident from average value of student critical thinking skill test are 85.92, and based on t test obtained value p value < 0.05 which indicated that modul effective to increase student critical thinking skill. Based on the research concluded that biology learning module fulfill criteria of valid, practical and effective for increase student critical thinking skills.
keyword : learning module, sains technology and society, student critical thinking skill.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha




Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia indexed by:

 

  Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch  




Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.