PENINGKATAN PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE DAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI PELAKSANAAN LESSON STUDY

KADEK DWI HENDRATMA GUNAWAN ., PROF. DR. I WAYAN SADIA, M.Pd ., PROF. DR. KETUT SUMA, M.S. .

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan: 1) kualitas pelaksanaan lesson study, 2) peningkatan pengetahuan pedagogical content knowledge guru IPA antara sebelum dan sesudah pelaksanaan lesson study, dan 3) peningkatan kualitas pembelajaran IPA antara sebelum dan sesudah pelaksanaan lesson study. Jenis penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan studi kasus. Metode penelitian yang digunakan dalah deskriptisi kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru IPA SMP Negeri 1 Singaraja yang berjumlah 3 orang. Objek Penelitian ini adalah kualitas lesson study, pengetahuan PCK guru, dan kualitas pembelajaran IPA. Data dikumpulkan dengan observasi, tes, dan wawancara. Triangulasi dilakukan untuk keabsahan dan keajegan data. Hasil penelitian menunjukkan: 1) kualitas lesson study berada pada kualifikasi sangat baik; 2) terjadi peningkatan pengetahuan PCK guru IPA antara sebelum dan sesudah pelaksanaan lesson study; 3) terjadi peningkatan kualitas pembelajaran guru IPA antara sebelum dan sesudah pelaksanaan lesson study.
Kata Kunci : kualitas pembelajaran, lesson study, pedagogical content knowledge (PCK).

This study aimed to describing: 1) quality of lesson study, 2) improvement of science teachers’ pedagogical content knowledge (PCK) before and after the implementation of lesson study, and 3) improvement of science teachers’ quality of learning before and after the implementation of lesson study. The kind of this study used case study approach. Method of this study was descriptive qualitative. Subject of this study is science teacher at SMPN 1 Singaraja that consist by three teachers. Object of this study are quality of lesson study, teachers’ PCK knowledge, and quality of learning. The data collected by observation, test, and interview. The results of this study show that: 1) quality of lesson study is in very good categorized; 2) an increase of science teachers’ PCK knowledge before and after the implementation of lesson study; 3) an increase of science teachers’ quality of learning before and after the implementation of lesson study.
keyword : quality of learnng, lesson study, pedagogical content knowledge (PCK)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha




Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia indexed by:

 

  Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch  




Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.