Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Learning Cycle 5E Untuk Meningkatkan Ketrampilan Proses dan Pemahaman Konsep IPA Siswa

NI KADEK PUJIASTUTI ., PROF. DR. I WAYAN SADIA, M.Pd ., PROF. DR. KETUT SUMA, M.S. .

Abstract


Penelitian ini merupakan pengembangan lembar kerja siswa berbasis learning cycle 5E dilakukan sebagai upaya mengatasi permasalahan khususnya media pembelajaran sebagai salah satu alat pembelajaran di sekolah. Media pembelajaran yang digunakan belum mengimplementasikan model pembelajaran inovatif dalam proses pembelajaran sehingga berdampak kurang optimalnya pada ketrampilan proses siswa dan pemahaman konsep IPA siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan lembar kerja siswa sebagai media pembelajaran berupa LKS siswa dan LKS pegangan guru pada materi getaran dan gelombang bunyi yang memenuhi criteria valid, praktis, dan efektif. Dengan menggunakan lembar kerja siswa berbasis learning cycle 5E maka ketrampilan proses dan pemahaman konsep IPA siswa mengalami peningkatan menjadi lebih baik.
Pengembangan lembar kerja siswa ini menggunakan model 4-D yang terdiri dari 4 tahap utama yaitu: define, design, develop, dan disseminate. Pengembangan lembar kerja siswa hanya dilakukan pada tahap develop. Metode penelitian dilakukan dengan analisis deskriptif dengan menggunakan parameter validitas LKS, kepraktisan LKS, dan analisis uji-t untuk aspek keefektifan LKS.
Hasil penelitian ini diperoleh bahwa: 1) validitas LKS 3,70 termasuk katagori valid. 2) nilai kepraktisan: keterlaksanaan LKS 3,53, respon guru 3,70, respon siswa 3,72 dengan katagori sangat praktis, 3) kefektifan LKS dengan nilai ketrampilan proses dari kelima aspek yang diteliti diperoleh skor 84,8 dengan katagori baik dan nilai pemahaman konsep IPA siswa diperoleh skor rata-rata 81,50, simpangan baku 4,68 dan nilai uji-t adalah 12,84 dengan katagori paham.
Berdasarkan temuan hasil penelitian dapat disimpulkan lembar kerja siswa memenuhi criteria valid, praktis dan efektif dalam meningkatkan ketrampilan proses dan pemahaman konsep IPA siswa, sehingga dapat digunakan dalam lingkup yang lebih luas.

Kata Kunci : Lembar Kerja Siswa (LKS), model pembelajaran learning cycle 5E, ketrampilan proses, pemahaman konsep IPA

This research is the development of student worksheets based 5E learning cycle which done in an attempt to overcome problems, particularly instructional media as a learning tool in the school. Instructional media used has not implemented an innovative learning model in the learning process, so that the impact on the process of students’ skills and understanding science concept is less than optimal. This research aims to produce worksheet for student as a learning media in the form of student worksheet and teachers worksheet, on the material of vibrations and sound waves which is cunclude the valid, practical, and effective criteria. By using the student worksheet 5E based learning cycle, the students skills process and understanding of science concept has increased.
The development of this student worksheet using the model of the 4-D, consists of four main stages, namely define, design, develop, and disseminate. Development of student worksheet only done in the develop stage. The research method used is the descriptive analysis and using the parameters of worksheet validity, worksheet practicality, and t- test analysis for the worksheet aspect of effectiveness.
Results of this research was obtained: 1) worksheet validity is 3,70 which include as a valid category, 2) the value of practicality: worksheet accomplishment is 3,53, teacher response is 3,70, student response is 3,72, which include as very practical category, 3) The effectiveness of LKS in process of skill from five aspect which is researched getting 84,8 in good category and in understanding the concept, students get mean 81,50, standard deviation 4,68 and t test is 12,84 in understanding category.
Based on the research findings, we can conclude that student worksheet is valid, practical, and effective to improve the skills and science concept understanding of the student. So it can be used in a wider scope.

keyword : student worksheet, 5E learning cycle learning model, process skills, science concept understanding

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha




Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia indexed by:

 

  Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch  




Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.