PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP PRESTASI BELAJAR BIOLOGI DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR DAN KERJA SISWA SMA (Studi Eksperimen di SMA Negeri 1 Tampaksiring)
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan prestasi belajar biologi antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran langsung, (2) pengaruh interaksi antara model pembelajaran dengan motivasi siswa terhadap prestasi belajar biologi, (3) perbedaan prestasi belajar biologi antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD dengan siswa yang mengikuti pemabelajaran menggunakan model pembelajaran langsung pada siswa yang mempunyai motivasi belajar dan kerja tinggi, dan (4) perbedaan prestasi belajar biologi antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD dengan siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran langsung pada siswa yang mempunyai motivasi belajar dan kerja rendah.
Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimen semu, dengan pos - test only non eqivalen control group design. Populasi penelitian terdiri dari seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Tampaksiring. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling yaitu empat kelas sampel, dua kelas ekperimen dan dua kelas kontrol. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis varians dua jalur dengan uji-F, dilanjutkan dengan uji Tukey untuk menentukan kelompok mana yang lebih unggul.
Hasilnya menunjukkan bahwa: (1) Ada perbedaan prestasi belajar biologi antara siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran langsung (FA = 8,424 dengan p <0,05). Rata-rata hasil belajar siswa yang mengikuti pelajaran dengan Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD lebih besar dari pada pembelajaran langsung ( = 84,750 > = 82,000), (2) Terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan motivasi terhadap prestasi belajar (FAB = 78,129 dengan p<0,05), (3) Ada perbedaan prestasi belajar biologi antara siswa yang mengikuti Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD dengan siswa yang mengikuti pembelajaran langsung pada siswa yang memiliki motivasi belajar dan kerja tinggi, (Q-hitung = 11,741 > Q-tabel = 3,900 , = 90,250 > = 79,125), (4) ada perbedaan prestasi belajar Biologi antara siswa yang mengikuti Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD dengan siswa yang mengikuti pembelajaran langsung pada siswa yang memiliki motivasi belajar dan kerja rendah. (Q-hitung = 5,937 > Q-tabel = 3,900, = 84,875 > = 79,250.
Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD, Pembelajaran Langsung,
Pretasi Belajar Biologi, Motivasi Belajar dan Kerja.
THE EFFECT OF COOPERATIVE LEARNING MODEL TYPE STAD TOWARD BIOLOGY LEARNING ACHIEVEMENT OBSERVED FROM LEARN AND WORK MOTIVATION STUDENT SMA
(An Experimental Study at SMA Negeri 1 Tampaksiring)
ABSTRACT
This observation intended to know (1) The differences of the students biology learning achievement between the students who take part the learning uses cooporative learning model type STAD to the students who take part the learning uses direct instruction model, (2) The effects of interaction between learning model with the students learn and work motivation towards biology students achievement of SMA Negeri 1 Tampaksiring. (3). The differences of biology achievement between the students who take part the learning uses cooperative model type STAD to the students who take part the learning uses direct instruction model on the students who has high learning and working motivation, and (4) the differences biology learning achievement between the students who take part the learning uses cooperative learning model type STAD to the students who take part the learning uses direct instruction model on the students who has low learning and working motivation.
This observation uses the apparent experiment observation, with post-test non eqivale only control group design. The observation population are the whole students of the X year of SMA Negeri 1 Tampaksiring. The sample was done by random tehnique sampling such taking four sample classes, two experiment classes and two control classes. The data was analysed by two varian analysis such as by F-test continued by Tukey-test to ascertain which group was better.
The result shows that (1) There are different biologi learning achievement between the students using biology learning cooperative learning model type STAD and the students using direct instruction model (FA = 8,424 with p < 0,05). The average result of the students cooperative learning model type STAD is bigger than the direct instruction model ( A1 = 84,750 > A2 = 82,00), (2) The influence interaction towards learning achievement (FAB = 78,129 with P = 0,05), (3) There are different achievement between the students using biology learning achievement cooperative learning model type STAD and the students using direrct instruction model has higher learn and work motivations (Q-hitung = 11,741 >Q _tabel = 3,900, A11 = 90,250 > A21 = 79,125), (4) There are different achievement between the students using biology learning achievement cooperative learning model type STAD and the student who use the direct instruction model and has low learn and work motivations (Q-hitung = 5,937 > Q-tabel = 3,900, A22 = 84,875 > A12 = 79,250).
Key words: The Cooperative Learning Model type STAD, Direct Instruction,
Biology Learning Achievement, Learn and Work Motivation.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal ini diterbitkan oleh :
Universitas Pendidikan Ganesha
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia indexed by:
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.