PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP PRESTASI BELAJAR BIOLOGI DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR DAN KERJA SISWA SMA (Studi Eksperimen di SMA Negeri 1 Tampaksiring)

I KETUT NUAJA

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan prestasi belajar biologi antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran langsung, (2) pengaruh interaksi antara model  pembelajaran dengan motivasi  siswa  terhadap prestasi belajar   biologi, (3) perbedaan prestasi belajar biologi antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD dengan siswa yang mengikuti pemabelajaran menggunakan model pembelajaran langsung pada siswa yang mempunyai motivasi belajar dan kerja tinggi, dan (4) perbedaan prestasi belajar biologi antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD dengan siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran langsung  pada siswa yang  mempunyai  motivasi belajar dan kerja  rendah.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimen semu,  dengan  pos - test only non eqivalen  control group   design. Populasi penelitian  terdiri dari seluruh siswa kelas  X  SMA Negeri 1 Tampaksiring. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling yaitu  empat kelas sampel, dua kelas ekperimen dan dua kelas kontrol. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis varians dua jalur dengan uji-F, dilanjutkan dengan uji Tukey untuk menentukan kelompok mana yang lebih unggul.

Hasilnya menunjukkan bahwa: (1) Ada perbedaan prestasi  belajar biologi antara siswa yang mengikuti  model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran langsung (FA = 8,424 dengan p <0,05). Rata-rata hasil belajar siswa yang mengikuti pelajaran dengan Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD lebih besar dari pada pembelajaran langsung ( = 84,750 > = 82,000), (2) Terdapat pengaruh interaksi antara model  pembelajaran dan motivasi  terhadap prestasi  belajar (FAB = 78,129 dengan p<0,05), (3) Ada perbedaan prestasi belajar biologi antara siswa yang mengikuti Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD dengan siswa yang mengikuti pembelajaran  langsung pada siswa yang memiliki motivasi belajar dan kerja tinggi,  (Q-hitung = 11,741 > Q-tabel = 3,900 , = 90,250 > = 79,125), (4) ada perbedaan prestasi  belajar  Biologi antara siswa yang mengikuti Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD dengan siswa yang mengikuti pembelajaran  langsung pada siswa yang memiliki motivasi belajar dan kerja  rendah. (Q-hitung = 5,937 > Q-tabel = 3,900,  = 84,875 > = 79,250.

Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD, Pembelajaran Langsung,

Pretasi Belajar Biologi, Motivasi Belajar dan Kerja.

THE EFFECT OF COOPERATIVE LEARNING MODEL TYPE STAD TOWARD BIOLOGY LEARNING ACHIEVEMENT OBSERVED FROM  LEARN AND WORK  MOTIVATION STUDENT SMA

(An Experimental Study at SMA Negeri 1 Tampaksiring)

 

ABSTRACT

This observation intended  to know (1) The differences of the students biology learning  achievement between the students who take part  the learning uses cooporative learning model type STAD to the students who take part the learning uses direct instruction model, (2) The effects of  interaction between learning model with the students learn and work motivation towards biology students achievement of SMA Negeri 1 Tampaksiring. (3). The differences of biology  achievement between  the students who take part the learning uses cooperative  model type STAD to the students who take part the learning uses direct instruction  model on the students who has high learning and working motivation, and (4) the differences biology learning achievement between the students who take part the learning uses cooperative learning model type STAD to the students who take part the learning uses direct instruction model on the students who has low learning and working motivation.

This observation  uses the apparent experiment observation, with post-test non eqivale only control group design. The observation population  are the whole students of the X year of SMA Negeri 1 Tampaksiring. The sample was done by random tehnique sampling such  taking  four sample classes, two experiment classes and two control classes. The  data was analysed by two varian analysis such as by F-test continued by Tukey-test to ascertain which group was better.

The result shows that (1) There are  different biologi learning  achievement  between  the students using  biology learning   cooperative learning model type STAD and the  students  using direct instruction model (FA = 8,424 with p < 0,05). The average result of the students cooperative learning model type STAD is bigger than the direct instruction  model ( A1 = 84,750 > A2 = 82,00),  (2) The  influence  interaction towards learning achievement (FAB = 78,129 with P = 0,05), (3) There are  different achievement  between the  students using biology learning  achievement cooperative learning model type STAD and  the students using   direrct instruction model has higher learn and work motivations (Q-hitung = 11,741 >Q _tabel = 3,900, A11 = 90,250 > A21 = 79,125), (4) There are  different achievement  between  the students using   biology learning achievement  cooperative learning model type STAD and the student who use the  direct instruction  model and  has low learn and work motivations (Q-hitung = 5,937 > Q-tabel = 3,900, A22 = 84,875 > A12 = 79,250).

 

Key words: The Cooperative Learning Model type STAD, Direct Instruction,

Biology Learning Achievement, Learn and Work Motivation.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha




Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia indexed by:

 

  Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch  




Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.