PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW BERBANTUAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA SMA (STUDI EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 KUTA)
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berbantuan teknologi informasi dan komunikasi terhadap hasil belajar biologi siswa ditinjau dari motivasi belajar siswa.. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Kuta dengan menggunakan metode eksperimen semu dengan desain posttest only control group design. Instrumen berupa inventory motivasi belajar digunakan untuk mengukur tingkatan motivasi belajar siswa, dan tes hasil belajar biologi digunakan untuk mengukur hasil belajar biologi siswa. Pengambilan sampel dengan teknik random sampling memperoleh sampel 89 orang kelompok eksperimen dan 92 orang kelompok control. Setelah diberi inventory motivasi belajar pada kedua kelompok, sebanyak 27% sebagai kelompok atas yaitu siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi dan sebanyak 27% sebagai kelompok bawah yaitu siswa memiliki motivasi belajar rendah. Analisis data menggunakan analisis varians (Anava) dua jalur dan Uji Tukey.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) secara umum hasil belajar biologi siswa yang mengikuti pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berbantuan Teknologi Informasi dan Komunikasi lebih tinggi dengan siswa yang mengikuti pembelajaran langsung dengan FA(hitung) =12,199 yang signifikan pada taraf signifikansi 5%; (2) terdapat pengaruh interaksi yang signifikan antara model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar biologi siswa dengan FAB(Hitung) = 95,358 yang signifikan pada taraf signifikansi 5%; (3) untuk siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi, hasil belajar biologi siswa yang mengikuti pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berbantuan teknologi informasi dan komunikasi lebih tinggi dengan hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran langsung dengan Q(Hitung) 12,103 yang signifikan pada taraf signifikansi 5%; (4) untuk siswa yang memiliki motivasi belajar rendah hasil belajar biologi siswa yang mengikuti pembelajaran langsung lebih tinggi dengan hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berbantuan teknologi informasi dan komunikasi dengan Q(Hitung) 5,726 yang signifikan pada taraf signifikansi 5%.
Oleh karena itu maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran dan motivasi belajar siswa mempunyai pengaruh yang cukup besar terhadap hasil belajar biologi terutama untuk siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Kuta.
Kata Kunci: pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berbantuan teknologi informasi dan komunikasi , motivasi belajar dan hasil belajar biologi.
THE EFFECT OF COOPERATIVE JIGSAW MODEL TEACHING ASSISTED BY INFORMATION AND COMMUNICATION TECHNOLOGY TOWARD THE STUDENT LEARNING ACHIEVEMENT IN BIOLOGY BASED ON LEARNING MOTIVATION OF HIGH SCHOOL STUDENTS
( An Experimental Study of Class XI IPA Students of SMA Negeri 1 Kuta )
This study aimed at finding out the effect of peer coopeartif Jigsaw model teaching assisted by information and communication technology toward the student learning achievement in biology based on learning motivation student. This study was conducted at SMA Negeri 1 Kuta by using quasi-experimental method and posttest only control group design. The instrument was in the form of an inventory of learning motivation and a test of learning achievement in biologys was used to measure the student’s learning achievement in biologys. The sample was drawn by random sampling technique and through this technique a sample that consisted of 89 students of experimental group and other 92 students of control group. Was gotten an inventory of learning motivation and to the two groups, 27% them belonged to the upper group or the students with a high learning motivation and other 27% belonged to the lower group or the students with a low learning motivation. The data were analyzed by two-way ANOVA and Tukey Test.
The results showed that (1) in general the learning achievement in biologys of the students who learned through cooperative Jigsaw model teaching assisted by information and communication technology was higer than that of those who learned direct instruction teaching, FA(observed) = 12,199, significant at 5% level of significance; (2) there was a significant interaction effect of instructional model and learning motivation upon students’ learning achievement in biologys, FAB (observed) = 95,358, significant at 5% level of significance; (3) for the students with a high learning motivation, the learning achievement of those who learned cooperatif Jigsaw model teaching assisted by information and communication technology was higer than that of those who learned direct instruction teaching, Q(observed)= 12,103, significant at 5% level of significance (4) ; for the students with a low learning motivation, the learning achievement of those who learned direct instruction teaching was higer than that of those who learned cooperative Jigsaw model teaching assisted by information and communication technology teaching, Q(observed) = 5,726 , significant at 5% level of significance.
Hence it can be concluded that instructional model and student’s learning motivation have a reasonably high effect on biology learning achievement, particularly for the students of Class XI IPA of SMA Negeri 1 Kuta.
Key words : cooperatif Jigsaw model teaching assisted by information and communication technology, learning motivation and learning achievement in biology.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal ini diterbitkan oleh :
Universitas Pendidikan Ganesha
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia indexed by:
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.