PENGARUH MODEL SIKLUS BELAJAR 7E TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 AMLAPURA 2010/2011

NI NENGAH SUTIARI

Abstract


ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model siklus belajar 7E terhadap keterampilan berpikir kritis ditinjau dari gaya kognitif siswa SMA Negeri 1 Amlapura melalui metoda eksperimen dengan rancangan post-test only non equivalent control group design. Variabel bebas dalam penelitian ini terdiri dari model pembelajaran siklus belajar 7E dan gaya kognitif. Sedangkan variabel terikat adalah keterampilan berpikir kritis. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis varian ANAVA factorial 2X2.

Berdasarkan hasil analisis data, ditemukan hasil-hasil penelitian sebagai berikut.  Pertama, terdapat perbedaan yang signifikan keterampilan berpikir kritis antara kelompok model siklus belajar 7E dan kelompok model pembelajaran ekspositori (F = 4,377; p<0,05). Nilai rata-rata keterampilan berpikir kritis kelompok model siklus belajar 7E lebih tinggi dibandingkan  dengan  kelompok  model  pembelajaran  ekspositori ( = 1,484; SD = 0,709; p<0,05). Kedua, terdapat perbedaan yang signifikan keterampilan berpikir kritis antara kelompok gaya kognitif field independent dan kelompok gaya kognitif field dependent (F = 14,517; p<0,05). Nilai rata-rata keterampilan berpikir kritis kelompok field independent lebih tinggi dari kelompok  field dependent ( = ,703; SD = 0,709; p<0,05). Ketiga, terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan gaya kognitif terhadap keterampilan berpikir kritis. Jadi dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran dan Gaya Kognitif Berpengaruh Terhadap Ketrampilan Berpikir Kritis Siswa.

 

Kata kunci : model pembelajaran, gaya kognitif, dan keterampilan berpikir kritis.

Effect of Learning Cycle Model 7E Against Critical Thinking Skills Seen From Cognitive Style Student Class X SMA Negeri 1 Amlapura 2010/2011. Thesis Science Studies Program, Graduate Program, University of Education Ganesha.

ABSTRACT

This study aims to determine the effect on the 7E learning cycle model of critical thinking skills in terms of cognitive style high school students of  Senior High School 1 Amlapura method of design of experiments with post-test only non-equivalent control group design. Variabel freely in the study of learning models initerdiri 7E learning cycle and cognitive style. While the dependent variable is the critical thinking skills. Data were analyzed descriptively and using ANAVA factorial  2×2.

Based on the results of data analysis, found the following results. First, there were significant differences of critical thinking skills between groups model  learning cycle 7E and model group learning expository (F = 4,377; p<0,05). The average value of critical thinking skills group model learning cycle 7E was higher than group model learning expository ( = 1,484; SD = 0,709; p<0,05). Second, There were significant differences of critical thinking skills between groups cognitive style field independent and groups cognitive style field dependent (F = 14,517; p<0,05). The average value of critical thinking skills group field independent was higher than group field dependent ( = ,703; SD = 0,709; p<0,05). Third, there is the influence of interactions between models of learning and cognitive styles to critical thinking skills. So it can be concluded that the Model of Learning and Cognitive Style Influential Against Students Critical Thinking Skills.

Keys word: learning model, cognitive style and critical thinking skills.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha




Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia indexed by:

 

  Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch  




Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.