PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KUANTUM TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA SD KELAS V DITINJAU DARI MINAT OUTDOOR
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh model pembelajaran Kuantum terhadap hasil belajar IPA siswa SD kelas V ditinjau dari minat outdoor. Penelitian ini tergolong penelitian eksperimen semu dengan rancangan pretest-posstest non equivalent control group design. Data dianalisis dengan menggunakan analisis varians dua jalur dan uji tuckey. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas V SD Gugus IX Kecamatan Banjar. Penentuan sampel pada penelitian ini menggunakan random sampling. Sampel terbagi dalam dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen adalah kelas yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Kuantum dan kelompok kontrol adalah kelas yang dibelajarkan dengan model pembelajaran langsung. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan tes untuk hasil belajar IPA dan menggunakan kuesioner untuk minat outdoor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran Kuantum dan siswa yang mengikuti pembelajaran langsung (FA=24,189;p<0,05); 2) Terdapat pengaruh interaksi yang signifikan antara model pembelajaran Kuantum dan minat outdoor terhadap hasil belajar IPA siswa (FAB=4,7;p<0,05); 3) Pada siswa yang memiliki minat outdoor tinggi, terdapat perbedaan signifikan hasil belajar IPA antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran Kuantum dan siswa yang mengikuti pembelajaran langsung (Q=6,06;p<0,05); 4) Pada siswa yang memiliki minat outdoor rendah, tidak terdapat perbedaan signifikan hasil belajar antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran Kuantum dan siswa yang mengikuti pembelajaran langsung (Q=2,35;p>0,05)
Kata kunci: Kuantum, Hasil Belajar IPA, Minat Outdoor
Abstract
This study aims to determine the effect of Quantum learning towards science learning outcome viewed from outdoor interest of fifth elementary school. This research is a quasi experiment with pretest-posstest non equivalent control group design. Data were analyzed by using two way analysis of variance and tuckey test. Population in this research is all class V SD Gugus IX Banjar subdistrict. The sample in this study used random sampling and divided into two groups; experimental group and control group. Experimental group is classes studied with the Quantum learning model and control group classes studied with the direct instruction model. The data in this study were collected using tests for science learning outcome and using questionnaires for ourdoor interest. The results show that: 1) There is a significant difference with the learning outcome between students who are learning with quantum learning model and students who are studying directly (FA=24,189;p<0.05);2) There is a significant influence between quantum learning model and outdoor interest to students' science learning outcome. (FAB=4,7;p<0.05); 3) In students with high outdoor interest, there is a significant difference between the learning outcome and the quantum learning model and the students being studied directly (Q=6,06;p<0.05);4) In students with low outdoor interest, there is not a significant difference between the learning outcome and the quantum learning model and the students following the directly learning (Q=2,35;p>0.05)
Keywords: Quantum Learning, Outdoor Interest, Science Learning Outcome
Full Text:
PDFReferences
Anastasi, A. 2007. Tes Psikologis (Psikologis Testing). Edisi Ketujuh. Jakarta: PT Jaya Cemerlang.
Bahaddin, M., Yusuf, A.Y. 2014. “An Investigation the Effect of Quantum Learning Approach on Primary School 7th Grade Students’ Science Achievement, Retention and Attitude”. Journal (Diterbitkan). Educational Research Association The International Journal of Research in Teacher Education.
Candiasa. 2010. Statistik Univariat dan Bivariat Disertai Aplikasi SPSS. Singaraja. Universitas Pendidikan Ganesha.
DePorter, B. dkk. 2013. Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan menyenangkan. Bandung: Kaifa
Gunarhadi, Kassim, M., Sukor, A. S. 2014. “The Impact Of Quantum Teaching Strategy On Student Academic Achievements And Selfesteem In Inclusive Schools”. Journal (diterbitkan). Malaysian Journal of Learning and Instruction: Vol. 11.
Jauhar, M. 2011. Implementasi PAIKEM dari Behavioristik Sampai Konstruktivistik (Sebuah Pengembangan Pembelajaran Berbasi CTL). Jakarta: Prestasi Pustaka
Marzoan, dkk. 2016. “Learning Styles, Learning Strategies And Learning Outcomes Of Science In Primary School”. Journal (diterbitkan). Academic Research International Vol. 7.
Sari, M. 2012. “Usaha Mengatasi Problematika Pendidikan Sains di Sekolah dan Perguruan Tinggi”. Jurnal Al-Ta’lim jilid 1 No.1. Padang: IAIN Imam Bonjol.
Suastra, I W. 2013. Pembelajaran Sains Terkini. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Sugiyanto. 2010. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Yuma Pustaka.
Suma, K. 2010. Efektivitas Pembelajaran Berbasis Inkuiri Dalam Peningkatan Penguasaan Konten dan Penalaran Ilmiah Calon Guru Fisika. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Vol. 43 No.1. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Suparta, I. N, Marhaeni, A.A.I.N, Tika, I.N. 2014. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbasis Asesmen Kinerja Terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau dari Sikap Ilmiah Pada Siswa Kelas V SD. ejournal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. Vol. 4 Tahun 2014. Tersedia pada https://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/. Diakses pada tanggal 5 Juni 2016.
Tika, I N. 2012. “Metatheorizing Berbasis Neurosains Kognitif Dalam Pembelajaran IPA”. Prosiding Seminar Nasional IPA 2012. Tersedia pada http://ejournal. undiksha.ac.id/index.php/semnasmipa/article/view/2776
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal ini diterbitkan oleh :
Universitas Pendidikan Ganesha
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia indexed by:
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.