PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASIS LINGKUNGAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA DITINJAU DARI MINAT OUTDOOR PADA SISWA KELAS IV

Kadek Hengki Primayana, I Wayan Lasmawan, Putu Budi Adnyana

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang mengikuti Model pembelajaran kontekstual berbasis lingkungan dengan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV SD Gugus XIV Kecamatan Buleleng. Penelitian ini tergolong jenis kuasi eksperimen dengan rancangan two factor design. Populasi dalam penelitian ini sejumlah 143 orang. Sampel penelitian diambil secara acak yang berjumlah 80 orang. Pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar untuk memperoleh data hasil belajar dan kuesioner minat untuk memperoleh data minat outdoor siswa. Teknik analisis data menggunakan Anava Dua Jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan pada hasil belajar IPA siswa yang mengikuti model pembelajaran kontekstual berbasis lingkungan dengan siswa yang mengikuti pembelajaran kovensional, (2) terdapat pengaruh interaksi antara pendekatan pembelajaran dan minat outdoor terhadap hasil belajar IPA, (3) terdapat perbedaan hasil belajar IPA antara siswa yang mengikuti model pembelajaran kontekstual berbasis lingkungan dan siswa mengikuti model pembelajaran konvensional pada siswa minat outdoor tinggi, (4) terdapat perbedaan hasil belajar IPA antara siswa yang mengikuti pembelajaran kontekstual berbasis lingkungan dan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional pada siswa minat outdoor rendah.

 

Kata kunci: Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Lingkungan, Hasil Belajar IPA, Minat Outdoor

 

Abstract

This research aim at investigating the difference of science learning achievement between students following contextual learning model based on environment and students following conventional learning model of fourth grade students at cluster XIV Buleleng District. It was a quasi-experiment of the two factor design. The popular on was 143 students, while the sample was 80 students gathered randomly. The data were collected by using test for learning achievement data and questionnaire for outdoor interest data. The data were analyzed by using two-way anova. The result shows that: (1) there is a difference of science learning achievement between student following contextual learning model based on environment and students following conventional learning model, (2) there is an interaction between learning model and outdoor interest on science learning achievement, (3) for students with high outdoor interest, there is a difference of science learning achievement between students following contextual learning model based on environment and  students following conventional learning model, (4) for students with low outdoor interest, there is a difference of science learning achievement between students following contextual learning model based on environment and  students following conventional learning model.

 

Keywords: Contextual Learning Model Based on Environment, Learning Science’s Outcomes, Outdoor Interest


Full Text:

PDF

References


Agustiana, IGA T. dan I N. Tika. 2013. Konsep Dasar IPA: Aspek Fisika dan Kimia. Yogyakarta: Penerbit Ombak

Anastasi, A. 2007. Tes Psikologis (Psikologis Testing) Edisi Ketujuh. Jakarta: Jaya Cemerlang

BSNP. 2011. Standar Konpetensi dan Kompetesi Dasar Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta: Kemendiknas

Dantes, N. 2014. Landasan Pendidikan Tinjauan Dari Dimensi Makropedagosis. Yogyakarta: Graha Ilmu

Murdanis, E. 2013. David Ausubel: Belajar Bermakna (http://www.kompasiana.com/murdanismenulis/david-ausubel-belajar-bermakna_552c15da6ea834154d8b456f, Diakses pada tanggal 2 Pebruari 2017)

Mikarsa, H.L., A. Taufik, dan P. L. Prianto. 2007. Pendidikan Anak di SD. Jakarta: Universitas Terbuka

Purnamawati, A., R. Suardika, dan S. Manuaba. 2014. “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Lingkungan Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD di Gugus I Gusti Ngurah Rai Denpasar Selatan”. Jurnal Mimbar PGSD. Vol 2 No 1, hal 43-50

Rusman. 2014. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Sumiati dan Arsa. 2009. Metode Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima

Suparno, P. 1997. Filsafat Konstruktivisme dalam Pendidikan. Yogyakarta: Kanisius

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha




Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia indexed by:

 

  Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch  




Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.