PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TALKING STICK BERBASIS ANEKA SUMBER (RESOURCES BASED LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA
Abstract
Abstrak
Tujuan Penelitian Tindakan Kelas ini adalah untuk mengetahui adanya peningkatan hasil belajar IPA dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Talking Stick Berbasis Aneka Sumber (Resources Based Learning) pada siswa kelas IV SD No. 4 Lukluk, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD No. 4 Lukluk yang terdiri 19 orang siswa. Untuk mencapai tujuan tersebut, digunakan model pembelajaran kooperatif Talking Stick Berbasis Aneka Sumber (Resources Based Learning) pada siswa kelas IV No. 4 Lukluk, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung Tahun Pelajaran 2016/2017.Data hasil belajar IPA siswa dikumpulkan dengan menggunakan metode tes dengan tes hasil belajar. Selanjutnya data-data yang telah dikumpulkan dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar IPA dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif Talking Stick Berbasis Aneka Sumber (Resources Based Learning) dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV SD No. 4 Lukluk. Nilai rata-rata kelas pra siklus 64,47 dengan katagori rendah meningkat pada siklus I sebesar 70,52 dengan katagori sedang dan meningkat pada siklus II sebesar 82,11 dengan katagori tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar pada tindakan siklus II sudah mencapai kretria keberhasilan penelitian.
Kata kunci: Model pebelajaran kooperatif talking stick berbasis aneka sumber (resources based learning) dan hasil belajar IPA.
Abstract
The purpose of this classroom action research is to find out the achievement of learning science using talking stick, resources based learning method on fourth graders of SD No. 4 Lukluk, Mengwi, Badung academic year 2016/2017. The subject of this classroom action research is the fourth graders of SD 4 Lukluk which consist of 19 students. The talking stick resources based learning method was used to reach the goal. The data was obtained using the method and test. Then the data was analysed using descriptive quantitative. The result shows that there is an improvement in science learning achievement by applying the method. The low class average score of pre cycle 64,47 increased on cycle one for 70,50 which is average and it is increased on cycle two for 82,11 which is high. This shows that result of cycle two has considered successful in research.
.
Keywords: learning model, cooperative learning stick talking resources based on learning science learning resultFull Text:
PDFReferences
Agung, A.A Gede. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Malang: Aditya Media Publishing
Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Asyari, Musliachah. 2006. Penerapan Sains Teknologi Masyarakat dalam Pemelajaran Sains di Sekolah Dasar. Departemen Pendidikan Dirjen Dikti Direktorat Ketenagaan.
Depdiknas. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 22Tahun 2006 Tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta:Departemen Pendidikan Nasional.
Depdiknas. 2008. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional. Jakarta : Depdiknas Julianto, Suprayitno, dkk.2011.Teori dan Implementasi model-model Pembelajaran Inovatif.Surabaya:UNESA
Devi, Poppy Kamalia. 2010. Metode-metode dalam Pembelajaran IPA untuk Guru SD. Jakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Ilmu Pengetahuan Alam (PPPPTK IPA), untuk Program Bermutu.
Hadi, Efran. 2010. Strategi Pembelajaran Resource Based Learning Terhadap Kreativitas Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di Sma Negeri 3 Palembang. Tersedia pada http://syu3f.blogspot.com/2010/06/strategi-pembelajaran-resource-based.html (diakses 5 Januari 2017)
Hasbullah. 2011. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Hermawan, Hendy. (2006). Model-Model Pembelajaran Inovatif.Bandung: Citra Praya.
Lie, Anita. (2002). Cooperative Learning (Memperaktikan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas). Jakarta: PT Gramedia Widiasarana.
Lilik Nur Kholidah dan Ahmad Munjin Nasih . 2012,Metode dan Teknik Pembelajaran, Bandung: Refika Aditama.
Puspitasari, Rika Nanda. 2009. Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas III melalui Penerapan Metode Guided Inquiry-Discovery. Skripsi Sarjana Pendidikan pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret, Surakarta: tidak diterbitkan.
Ramadhan. 2010. Pembeoajaran dan Model Pembelaran Kooperatif . Jakarta : Bukune.
Subagyo, Y., Wiyanto. dan Marwoto, P. 2009. Pembelajaran Sains dengan 126 Pendekatan keterampilan Proses untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. 5(1): 60 –66.
Sudjana, Nana. 2008. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya
Sugeng Santoso. 2011. Problematik Pendidikan dan Cara Pemecahannya.Jakarta Kreasi Pena Gading
Sugiata, I. Wayan. "Penerapan Model Pembelajaran Team Game Tournament (Tgt) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar." Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia 2.2 (2019): 78-87.
Sugihharto. 2011. Pengertian Aktivitas Belajar. file:///G:/Pengertian aktivitasBelajar.htm. Diakses Sabtu, 17 desember 14.20.
Suprijono, (2009) Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta Pustaka Pelajar.
Widodo, Rachmad. 2009. Model Pembelajaran Talking Stick. Tersedia di http://wyw1d.wordpress.com/2009/11/09/model-pembelajaran-18Talking Stick/.Diunduh pada Selasa,7 Januari 2013.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal ini diterbitkan oleh :
Universitas Pendidikan Ganesha
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia indexed by:
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.