PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF QUESTIONS STUDENT HAVE DAN THINK PAIR SHARE TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP KIMIA DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA

I Made Subawa

Abstract


ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk menganalisis perbedaan pemahamankonsep kimia dan keterampilan berpikir kritis siswa antara kelompok siswa yangmengikuti model pembelajaran Questions Student Have dan kelompok siswa yangbelajar mengikuti model pembelajaran Think Pair Share, (2) untuk menganalisisperbedaan pemahaman konsep kimia antara kelompok siswa yang mengikutimodel pembelajaran Questions Student Have dan kelompok siswa yang belajarmengikuti Think Pair Share, dan (3) untuk menganalisis perbedaan keterampilanberpikir kritis siswa antara kelompok siswa yang mengikuti model pembelajaranQuestions Student Haved dan kelompok siswa yang belajar mengikuti modelpembelajaran Think Pair Share.Penelitian ini menggunakan rancangan non-equivalent pre-test post-testcontrol group design. Populasi adalah semua kelas X SMA Negeri 4 Denpasar,dengan tehnik pengambilan sampel menggunakan cara simple random samplingdengan jumlah sampel 156 orang. Variabel bebas dalam penelitian ini adalahmodel pembelajaran Questions Student Have yang dikenakan pada kelompokeksperimdan dan Think Pair Share yang dikenakan pada kelompok kontrol.Pemahaman konsep kimia dan keterampilan berpikir kritis dalam penelitian iniberperan sebagai variabel terikat. Cara pengumpulan data menggunakan tespemahaman konsep dan tes keterampilan berpikir kritis. Data yang dikumpulkandianalisis dengan Uji MANOVA.Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan keterampilanberpikir kritis dan pemahaman konsep antara kelompok siswa yang belajar denganmenggunakan model Questions Student Have dan kelompok siswa yang belajardengan model pembelajaran Think Pair Share (Fhitung = 14,643 dan p < 0,05), (2)terdapat perbedaan pemahaman konsep kimia yang signifikan antara kelompoksiswa yang mengikuti model pembelajaran Questions Student Have dan kelompoksiswa belajar mengikuti model pembelajaran Think Pair Share (Fhitung = 2,082 danp < 0,05), dan (3) terdapat perbedaan ketrampilan berpikir kritis yang signifikanantara kelompok siswa yang mengikuti model pembelajaran Questions StudentHave dan kelompok siswa belajar mengikuti model pembelajaran Think PairShare (Fhitung = 5,323 dan p < 0,05).Berdasarkan temuan hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwamodel pembelajaran Questions Student Have memberikan peningkatanpemahaman konsep kimia dan keterampilan berpikir kritis siswa yang lebihsignifikan dibandingkan dengan model pembelajaran Think Pair Share.

Kata-kata kunci: model pembelajaran kooperatif Questions Student Have, ThinkPair Share, pemahaman konsep kimia, dan ketrampilan berpikirkritis


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha




Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia indexed by:

 

  Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch  




Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.