PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR BIOLOGI DITINJAU DARI INTELIGENSI SISWA SMA NEGERI 1 SRONO

Mustachfidoh ., I. B Jelantik Swasta, N.L.P. Manik Widiyanti

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan prestasi belajar biologi antara siswa yang mengikuti model pembelajaran inkuiri dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran langsung, (2) interaksi antara model pembelajaran dengan inteligensi terhadap prestasi belajar biologi. (3) perbedaan prestasi belajar biologi antara siswa yang mengikuti model pembelajaran inkuiri dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran langsung pada siswa dengan inteligensi kelompok atas, (4) perbedaan prestasi belajar biologi antara siswa yang mengikuti model pembelajaran inkuiri dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran langsung pada siswa dengan inteligensi kelompok bawah. Penelitian ini menggunakan quasi eksperimental dengan Non Equivalen Pre Test Post Test Control Group Design dengan populasi 248 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan random sampling.  Didapatkan jumlah sampel 199 siswa. Pengumpulan data dengan metode tes. Hasil analisis data dengan uji ANOVA dua jalur menunjukkan: (1) terdapat perbedaan prestasi belajar biologi yang signifikan antara kelompok siswa yang belajar dengan model pembelajaran inkuiri dan model pembelajaran langsung (F=110,095;p<0,05), (2) terdapat pengaruh interaksi yang signifikan antara model pembelajaran dengan inteligensi terhadap prestasi belajar biologi (F=5,047;p<0,05), (3) terdapat perbedaan prestasi belajar biologi yang signifikan antara kelompok siswa yang belajar dengan model pembelajaran inkuiri dan model pembelajaran langsung pada siswa dengan inteligensi kelompok atas (F=75,184;p<0,05), (4) terdapat perbedaan prestasi belajar biologi yang signifikan antara kelompok siswa yang belajar dengan model pembelajaran inkuiri dan model pembelajaran langsung pada siswa dengan inteligensi kelompok bawah (F=36,925;p<0,05). Hasil uji lanjut dengan LSD menunjukkan bahwa model pembelajaran inkuiri lebih unggul dibandingkan dengan model pembelajaran langsung terhadap prestasi belajar biologi. Oleh karena itu, disarankan kepada guru untuk memberikan suatu prakondisi kepada siswa terkait dengan pelaksanaan proses pembelajaran dengan model inkuiri, yang menekankan pada aktivitas siswa untuk menemukan suatu konsep dan mengembangkan kemampuan berpikir secara sistematis, logis, dan kritis.

 

Kata kunci: Pembelajaran inkuiri, prestasi belajar, inteligensi

Abstract

This study aimed to determine: (1) differences in academic achievement between students who learnt biology model of inquiry learning with students who learn direct instructional model, (2) the interaction between the model of learning with intelligence to biology learning achievement, (3) differences in academic achievement between students who learn biology model of inquiry learning with students learning directly model on students with higher group  intelligence. (4) academic achievement differences between students who learnt biology model of inquiry learning with students who learnt direct instructional model on students with low group intelligence. This study used a Quasi-Experimental Non-Equivalent Pre Test And Post Test Control Group Design with 248 students of total population. Technique used was random sampling. Achieved sample size were 199 students. Data collection was performed by the method of testing. Data analysis was performed by ANOVA two ways test. The analysis showed: (1) there was a significant difference achievement in learning biology between groups of students who learnt through inquiry learning model and direct instructional model (F= 110.095;p<0.05). (2) there was a significant interaction effect between learning models with biological intelligence learning achievement (F=5.047;p<0.05). (3) there were significant differences in the biology learning achievement between groups of students who learnt through inquiry learning model and direct instruction model to students higher goup intelligence (F=75.184:p<0.05). (4) there were significant differences between group who learnt using model inquiry and direct learning model on student with lower grup intelligence (F=36.925;p​​<0.05). The result from LSD shown that inquiry model gave more successfull than direct learning model in Biological learning. The improvement of student through Inquiry Learning Model was more significant than student of Direct Instructional Model. As the result, teacher is suggested to give student’s pre-condition in learning to know ability of student. Finaly, it could be states that inquiri model of learning is good to be applied for student’s to improve their creativity to find out development model of learning to enchace their systematical thinking, logical and high level of thinking.

Keywords: inquiry learning, academic achievement, intelligence


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha




Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia indexed by:

 

  Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch  




Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.