PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN BERPIKIR KREATIF

Authors

  • G. A. N. K Sukiastini
  • I W. Sadia
  • I W. Suastra

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran cooperative integrated reading and composition terhadap kemampuan pemecahan masalah  dan keterampilan berpikir kreatif siswa. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan pretest-posttest nonequivalent  control group design. Data yang diperoleh berupa g-skor ternormalisasi. Instrumen yang digunakan berupa tes. Analisis statistik yang digunakan MANOVA satu jalur dengan hasil: 1) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah dan keterampilan berpikir kreatif yang signifikan antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran CIRC dan siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional (F= 114,927; p<0,05). 2) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah siswa antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran CIRC dan siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional (F=204,873; p < 0,05). 3) Terdapat perbedaan keterampilan berpikir kreatif siswa antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran CIRC dan siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional (F = 29,627; p < 0,05).

 

Kata kunci: CIRC, pemecahan masalah,  berpikir kreatif

 

 

Abstract

 

 

This study aimed to determine the effect of cooperative integrated reading and composition learning model on the students’ problem solving ability and creative thinking skills. This  research is a quasi experiment with pretest-posttest nonequivalent  control group design. There is an increase based on the analysis of the average gain scores. The instrument used in the form  of test. Statistical analysis used MANOVA one way with results: 1) there are significant differences in the problem solving and creative thinking skills between students who studied with CIRC and students who studied with conventional learning model (F = 114.927; p < 0.05). 2) there are differences students’ problem solving ability among the students who studied with CIRC and the students who studied with conventional learning model (F = 204.873; p < 0.05). 3) there is a difference between students’ creative thinking skills among students who studied with CIRC and students who studied with conventional learning model (F = 204.873; p < 0.05).

 

 

Keywords : CIRC, problem solving, creative thinking

Downloads

Published

2013-07-05

Issue

Section

Articles