PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT (STM) TERHADAP PENGUASAAN MATERI DAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI MTS. NEGERI PATAS

DWI AGUSTINI ., Prof. Drs. I Wayan Subagia,M.App.Sc,Ph.D ., Drs. I Nyoman Suardana,M.Si .

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis (1) perbedaan penguasaan materi dan keterampilan pemecahan masalah antara siswa yang mengikuti model pembelajaran sains teknologi masyarakat dan siswa yang mengikuti model pembelajaran langsung, (2) perbedaan penguasaan materi antara siswa yang mengikuti model pembelajaran sains teknologi masyarakat dan siswa yang mengikuti model pembelajaran langsung, dan (3) perbedaan keterampilan pemecahan masalah antara siswa yang mengikuti model pembelajaran sains teknologi masyarakat dan siswa yang mengikuti model pembelajaran langsung.Penelitian ini merupakankuasi eksperimen dengan rancangan Pretest-Posttest Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs. Negeri Patas tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 146 siswa.Sampel penelitian berjumlah 116 siswayang diambil dengan teknik random kelas. Variabel yang diukur dalam penelitian ini adalah penguasaan materi dan keterampilan pemecahan masalah. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis deskriptif dan analisis MANOVA satu jalur dengan taraf signifikan 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan penguasaan materi dan keterampilan pemecahan masalah antara siswa yang mengikuti model pembelajaran sains teknologi masyarakat dan model pembelajaran langsung (F=26,940; p<0,05), (2) terdapat perbedaan penguasaan materi antara siswa yang mengikuti model pembelajaran sains teknologi masyarakat dan model pembelajaran langsung (F=45,940; p<0,05), dan (3) terdapat perbedaan keterampilan pemecahan masalah antara siswa yang mengikuti model pembelajaran sains teknologi masyarakat dan model pembelajaran langsung (F=11,262; p<0,05). Berdasarkan hasil penelitian ini dapat direkomendasikan bahwa model pembelajaran sains teknologi masyarakat dapat digunakan sebagai alternatif model pembelajaran untuk meningkatkan penguasaan materi dan keterampilan pemecahan masalah.
Kata Kunci : sains teknologi masyarakat, penguasaan materi, keterampilan pemecahan masalah

This research aimed to describe and analyze (1) the difference of students’ achievement and problem solving skill between students who weretaught using science-technology-society model and direct-instruction model of teaching, (2) the difference of students’ achievement between students who were taught using science-technology-society model and direct-instruction model, and (3) the difference of problem solving skill between students who were taught using science-technology-society model and direct-instruction model. This research was quasi experimental research with pretest-posttest nonequivalent control group design. This research involved seventh grade of MTs. Negeri Patas on 2012/2013 academic year. The population consisted of 146 students. The sample consisted of 116 students taken by using random class technique. Two main variables in this study were students’ achievement and problem solving skill. The data were analyzed by using descriptive analysis and one-way MANOVA at the significant level 5 %. The result of this study showed that: (1) there were significant differences of students’ achievement and problem solving skill between the students who were taught using science-technology-society model and direct-instruction model (F=26,940; p<0,05); (2) there were significant differences of students’ achievement between students who were taught using science-technology-society model and direct-instruction model (F=45,940; p<0,05); and (3) there were significant differences between the students who were taught using science-technology-society model and direct-instruction model (F=11,262; p<0,05). Based on the result, it is recommended that science-technology-society model of teaching could be used as an alternative learning model to improve students’ achievement and problems solving skill.
keyword : science-technology-society, students’ achievement, problemsolving skills

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha




Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia indexed by:

 

  Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch  




Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.