PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBASIS 4C TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR DAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA KELAS IV SD GUGUS III KECAMATAN KEDIRI KABUPATEN TABANAN
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model project based learning Berbasis 4C Terhadap kemandirian belajar dan Kemampuan membaca Pemahaman. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Gugus III Kecamatan Kediri Kabupaten Tabanan tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 300 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan eksperimen post-test only control group design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 57 siswa yaitu 30 siswa kelas IV dari SD N 8 Banjar Anyar sebagai kelompok eksperimen dan 30 siswa kelas IV dari SD N 1 Banjar Anyar sebagai kelompok kontrol. Penelitian ini menggunakan rancangan analisis single factor indefendent group design with use of covariate. Data dianalisis menggunakan Anava satu jalan dan MANOVA. Dari SPSS 16 For Windows dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh Model Pembelajaran Project based learning berbasis 4C Terhadap Kemandirian belajar dan kemampuan membaca pemahaman pada siswa kelas IV SD Gugus III Kecamatan Kediri Kabupaten Tabanan.
Katakunci: 4C, Kemandirian belajar, Membaca Pemahaman PBL
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Dantes, N. 2017a. Desain Eksperimen dan Analisis Data. Singaraja: Undiksha Press
Iriani, S. Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share pada Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV Sdn 004 Pagaran Tapah Darussalam. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1), 89-97.Tersedia di https://scholar.google.co.id/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=Peningkatan+kemampuan+membaca+pemahaman+dengan+model+pembelajaran+kooperatif+tipe+Think+pair+share+pada+pelajaran+bahasa+indonesia+siswa+kelas+IV+SDN+004+pagaran+tapah+darussalam&btnG(diaksespada tanggal 20 Agustus 2018)
Iriani, S. Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share pada Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV Sdn 004 Pagaran Tapah Darussalam. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1), 89-97.Tersedia di https://scholar.google.co.id/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=Peningkatan+kemampuan+membaca+pemahaman+dengan+model+pembelajaran+kooperatif+tipe+Think+pair+share+pada+pelajaran+bahasa+indonesia+siswa+kelas+IV+SDN+004+pagaran+tapah+darussalam&btnG=( diakses pada tanggal 20 Agustus 2018)
Laily, I. F. (2014). Hubungan Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Kemampuan Memahami Soal Cerita Matematika Sekolah Dasar. Eduma: Mathematics Education Learning and Teaching, 3(1) Tersedia di https://scholar.google.co.id/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=kontribusi+kemampuan+verbal+dan+kemampuan+membaca+pemahaman+terhadap+prestasi+belajar+siswa+dalam+menyelesaikan+soal+cerita+pada+pelajaran+matematika&btnG= (diakses pada tanggal 28 Maret 2018)
Marhaeni A.A.I.N. 2012. Landasan dan Inovasi Pembelajaran. Singaraja:Undiksha
Nadzifah, W. (2016). MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN MENGGUNAKAN METODE SQ3R SISWA KELAS IV SD N KATONGAN I. BASIC EDUCATION, 5(28), 2-721. Tersedia pada https://scholar.google.co.id/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=meningkatkan+keterampilan+membaca+pemahaman+menggunakan+metode+SQ3R+siswa+kelas+IV+SD+N+kantongan+1&btnG= (Diakses pada tanggal 23 Agustus 2018
Pradita, Y., Mulyani, B., & Redjeki, T. (2015). Penerapan model pembelajaran Project Based Learning untuk meningkatkan prestasi belajar dan kreativitas siswa pada materi pokok sistem koloid kelas XI IPA semester genap Madrasah Aliyah Negeri Klaten Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal pendidikan kimia, 4(1), 89-96. Tersedia di https://scholar.google.co.id/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=penerapan+model+pembelajaran+peoject+based+learning+untuk+meningkatkan+hasil+belajar+dan+kreaktivitas+siswa+kelas+iii+sd+negeri+sidorejo+lor+01+sALATIGA&btnG=( diakses pada tanggal 20 Agustus 2018
RADESI, N. M. D., Marhaeni, A. N., & Natajaya, I. N. (2013). Pengaruh Penerapan Model Concentrated Language Encounter (Cle) Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Bahasa Inggris Ditinjau Dari Motivasi Berprestasi Siswa Kelas XI Di SMA Negeri 2 Amlapura. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 4(1). Tersedia di https://scholar.google.co.id/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=pengaruh+penerapan+model+concentrated+language+encounter+cle+terhadap+kemampuan+membaca+pemahaman+bahasa+inggris+ditinjau+dari+motivasi+berprestasi+siswa+kelas+XI+di+sma+negeri+2+amlapura&btnG= diakses pada tanggal 20 Agustus 2018
Sukardi. 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Jakarta Depdiknas
Wulandari.E.T 2015. Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Kemandirian belajar IPA Siswa kelas IV SD Se-Gugus Temon.E-Journal FIP, Universitas Negeri Yokjakarta, https://media.neliti.com/media/publications/102985-ID (diakses pada tanggal 7 Desember 2018
Yusuf, M. 2015. Asesmen dan Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group.
Zimmerman, B. J. 1990. Self-regulated learning and academic achievement: An overview. Educational psychologist, 25(1), 3-17. Tersedia pada https://scholar.google.co.id/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=Self-regulated+learning+and+academic+achievement%3A+an+overview&btnG=. Diakses pada 23 Maret 2018.
DOI: https://doi.org/10.23887/jpdi.v3i1.2866
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal ini diterbitkan oleh :
Universitas Pendidikan Ganesha
Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia indexed by:
Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.