PENGARUH IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI SEKOLAH TERHADAP MINAT BACA DAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V SD GUGUS II KUTA UTARA

Sri Anjani, Nyoman Dantes, Gde Artawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca dan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa SD Kelas V Gugus II Kuta Utara. Penelitian ini menggunakan rancangan Single Factor Independent Groups Designs. Sampel penelitian ini berjumlah 62 orang siswa terdiri dari dua kelas yaitu kelas V SD No. 3 Canggu dan Kelas V SD No. 3 Tibubeneng. Data diambil dengan menggunakan kuesioner dan tes objektif pilihan ganda biasa. Data selanjutnya dianalisis dengan menggunakan Manova. Hasil analisis menunjukkan bahwa:(1) terdapat pengaruh implementasi gerakan literasi sekolah terhadap minat baca siswa kelas V SD Gugus II Kuta Utara;(2) terdapat pengaruh implementasi gerakan literasi sekolah terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas SD Gugus II Kuta Utara;(3) terdapat pengaruh secara simultan implementasi gerakan literasi sekolah terhadap minat baca dan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SD Gugus II Kuta Utara.

Kata kunci: GLS,Minat Baca, Membaca Pemahaman


Full Text:

PDF

References


DAFTAR RUJUKAN

Agung, A.A Gede. 2016. Statistika Dasar untuk Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media Publishing

Erni,Iwayantari.2018.“Penerapan Gerakan Literasi Sekolah Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Dan Dampaknya Terhadap Upaya menumbuhkan Nilai - Nilai Karakter Di Smpn 2 Bojongsoang Kabupaten Bandung”. http:// repository.unpas.ac.id/37097/(Diakses tanggal 1 juli 2019

Faradina,Nindya.2017.“Pengaruh Program Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca Siswa Di SD Islam Terpadu Muhammadiyah An-Najah JatinomKlaten”.http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index .php/fipmp /article/view/9280 (Diakses tanggal 10 Mei 2019)

Hidayah,Layli.2017. “Implementasi Budaya Literasi Di Sekolah Dasar Melalui Optimalisasi Perpustakaan: Studi Kasus Di Sekolah Dasar Negeri Di Surabaya”.JU-ke(Volume 1, Nomer 2. https://www.neliti. com/id/ publications/269663 /implementasi-budaya-literas i-di-sekolah-dasar-melalui-optimalisasi-perpustakaan (Diakses tanggal 23 April 2019)

Maharani,dkk.2017.“Minat Baca Anak-Anak Di Kampoeng Baca Kabupaten Jember”. Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian (Vol 3, No 1). https://journal.unesa.ac.id/index.php/PD/article/view/1646 (Diakses tanggal 23 April 2019)

Sugiyono.2018. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung:Alfabeta

Supriyono. 2008. “Membimbing Siswa Membaca Cerdas dengan Taksonomi Barrett”. Papua : Yayasan Pendidikan Jayawijaya.https://docplayer.info/29912316-Membimbing-siswa-membaca-cerdas-dengan taks onomi-barrett-drs-supriyono-am d-med-ketua-yayasanpendidika n-jayawijaya.html.(Diakses tanggal 20 April 2019)

Triatma,Nur Ilham.2016. “Minat Baca Pada Siswa Kelas Vi Sekolah Dasar Negeri Delegan 2 Prambanan Sleman Yogyakarta”.Jurnal Prodi Teknologi Pendidikan (Vol. V Nomor 6).http://journal.student. uny.ac.id/ojs/index.php/fiptp/article/view/3098/2794.(Diakses tanggal 20 April 2019)




DOI: https://doi.org/10.23887/jpdi.v3i2.2869

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia indexed by:

 

  Crossref JPI JPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.