PENGARUH IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI SEKOLAH TERHADAP MINAT BACA DAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V SD GUGUS II KUTA UTARA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca dan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa SD Kelas V Gugus II Kuta Utara. Penelitian ini menggunakan rancangan Single Factor Independent Groups Designs. Sampel penelitian ini berjumlah 62 orang siswa terdiri dari dua kelas yaitu kelas V SD No. 3 Canggu dan Kelas V SD No. 3 Tibubeneng. Data diambil dengan menggunakan kuesioner dan tes objektif pilihan ganda biasa. Data selanjutnya dianalisis dengan menggunakan Manova. Hasil analisis menunjukkan bahwa:(1) terdapat pengaruh implementasi gerakan literasi sekolah terhadap minat baca siswa kelas V SD Gugus II Kuta Utara;(2) terdapat pengaruh implementasi gerakan literasi sekolah terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas SD Gugus II Kuta Utara;(3) terdapat pengaruh secara simultan implementasi gerakan literasi sekolah terhadap minat baca dan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SD Gugus II Kuta Utara.
Kata kunci: GLS,Minat Baca, Membaca Pemahaman
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR RUJUKAN
Agung, A.A Gede. 2016. Statistika Dasar untuk Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media Publishing
Erni,Iwayantari.2018.“Penerapan Gerakan Literasi Sekolah Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Dan Dampaknya Terhadap Upaya menumbuhkan Nilai - Nilai Karakter Di Smpn 2 Bojongsoang Kabupaten Bandung”. http:// repository.unpas.ac.id/37097/(Diakses tanggal 1 juli 2019
Faradina,Nindya.2017.“Pengaruh Program Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca Siswa Di SD Islam Terpadu Muhammadiyah An-Najah JatinomKlaten”.http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index .php/fipmp /article/view/9280 (Diakses tanggal 10 Mei 2019)
Hidayah,Layli.2017. “Implementasi Budaya Literasi Di Sekolah Dasar Melalui Optimalisasi Perpustakaan: Studi Kasus Di Sekolah Dasar Negeri Di Surabaya”.JU-ke(Volume 1, Nomer 2. https://www.neliti. com/id/ publications/269663 /implementasi-budaya-literas i-di-sekolah-dasar-melalui-optimalisasi-perpustakaan (Diakses tanggal 23 April 2019)
Maharani,dkk.2017.“Minat Baca Anak-Anak Di Kampoeng Baca Kabupaten Jember”. Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian (Vol 3, No 1). https://journal.unesa.ac.id/index.php/PD/article/view/1646 (Diakses tanggal 23 April 2019)
Sugiyono.2018. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung:Alfabeta
Supriyono. 2008. “Membimbing Siswa Membaca Cerdas dengan Taksonomi Barrett”. Papua : Yayasan Pendidikan Jayawijaya.https://docplayer.info/29912316-Membimbing-siswa-membaca-cerdas-dengan taks onomi-barrett-drs-supriyono-am d-med-ketua-yayasanpendidika n-jayawijaya.html.(Diakses tanggal 20 April 2019)
Triatma,Nur Ilham.2016. “Minat Baca Pada Siswa Kelas Vi Sekolah Dasar Negeri Delegan 2 Prambanan Sleman Yogyakarta”.Jurnal Prodi Teknologi Pendidikan (Vol. V Nomor 6).http://journal.student. uny.ac.id/ojs/index.php/fiptp/article/view/3098/2794.(Diakses tanggal 20 April 2019)
DOI: https://doi.org/10.23887/jpdi.v3i2.2869
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal ini diterbitkan oleh :
Universitas Pendidikan Ganesha
Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia indexed by:
Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.