PENGEMBANGAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMA SEHAT ITU PENTING BERBASIS KECAKAPAN BELAJAR DAN BERINOVASI ABAD 21

Ida Ayu Pradnya Paramita

Abstract


Penelitian ini memilki tujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan produk RPP  tema Sehat itu Penting kelas V berbasis kecakapan belajar dan berinovasi abad 21 yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini mengadopsi model 4D Thiagarajan yang terdiri dari 4 tahap, yaitu: Define, Design, Develop, dan Dissemination, namun penelitian hanya sampai pada tahap Develop, karena keterbatsan waktu peneliti. Data dikumpulkan dengan lembar validasi, lembar keterlaksanaan RPP, angket respon guru, dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Produk RPP  tema Sehat itu Penting dinyatakan valid menurut penilaian 3 orang ahli; (2) produk  RPP tema Sehat itu Penting dinyatakan sangat praktis dengan skor rata-rata 4,62 menurut penilaian praktisi dan keterlaksanaannya juga dinyatakan sangat praktis  dengan skor rata-rata 4,61 menurut pengamatan  2 orang ahli; (4) Produk RPP tema Sehat itu Penting dinyatakan efektif berdasarkan hasil postes siswa dengan t hitung > t tabel, dan mimiliki efektifitas tinggi dengan ES = 1,43.


Full Text:

Pdf

References


Binkley,M et al. (2012). Defining Twenty-First Century Skill. London: Springer

Dantes, N. 2017. Desain Eksperimen dan Analisis Data. Depok: Rajawali Pers

Kivunja, Charles. 2015. “Exploring the Pedagogical Meaning and Implications of the 4Cs “Super Skills” for the 21st Century through Bruner’s 5E Lenses of Knowledge Construction to Improve Pedagogies of the New Learning Paradigm”. Creative Education, 2015, 6, 224-239

Martini. E., (2018). “Membangun Karakter Generasi Muda Melalui Model Pembelajaran Berbasis Kecakapan Abad 21”. Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, 3(2), pp. 21-27.

National Education Association. 2010. Preparing 21st Century Student for a Global Society: educator’s Guide to the “Four Cs”. (Online). (http://www.nea.org/assets/docs/A-Guide-to-Four-Cs.pdf, diakses pada 23 Mei 2019)

Nievven. 1999. Prototyping to Reach Product Quality: Design Approches and Tools in Education and Training. Van den Akker,jan. et. al. Dordrecht, the Neterlands: Kluwer academic Publisher.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan dasar dan Menengah. 2015 . Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan dasar dan Menengah. 2015 . Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

PISA 2015:PISA Results in Focus. https://www.oecd.org/pisa/pisa-2015-results-in-focus.pdf. (Diakses online pada 20 Agustus 2019)

PISA 2018: Programme for International Student Assessment (PISA) Results from PISA 2018. https://www.oecd.org/pisa/publications/pisa-2018-results.htm . (Diakses 11 Desember 2019)

Purwanto, M. Ngalim. 2009. Prinsip-Prinsip Dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung; PT Remaja Rosdakarya

Susianna, Nancy. 2014. Implementasi Keterampilan Abad 21 dalam Kurikulum 2013. Proceeding Seminar nasional pendidikan,15 Pebruari 2014, https://www.researchgate.net/publication/303811735_Implementasi_Keterampilan_Abad_21_Dalam_Kurikulum_2013. (diakses online pada 18 Agustus 2019)

Trilling, B.& Fadel, C. 2009. 21st Century Learning Skills. San Francisco, CA: John Wiley & Sons

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Jakarta

World Economic Forum. 2018. Insight Report: The Future of Jobs Report 2018. Switzerland




DOI: https://doi.org/10.23887/jpdi.v4i1.3417

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia indexed by:

 

  Crossref JPI JPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.