PENGARUH PEMBELAJARAN BERPENDEKATAN SAINTIFIK BERORIENTASI METAKOGNITIF TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN KOVARIABEL KEMAMPUAN NUMERIK

Ni Wayan Wiryawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berpendekatan saintifik berorientasi metakognitif terhadap hasil belajar matematika dengan kovariabel kemampuan numerik pada siswa kelas V Sekolah Dasar di Gugus Dewi Sartika Denpasar Timur. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, menggunakan rancangan single factor independent groups design with use of covariat. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Gugus Dewi Sartika Denpasar Timur. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Sampel penelitian berjumlah 72 orang siswa yaitu 38 orang siswa dari kelas V A SDN 17 Kesiman yang menjadi kelompok eksperimen dan 34 orang siswa dari kelas V SDN 7 Kesiman yang menjadi kelompok kontrol. Hasil analisis data diperoleh Fhitung sebesar 6.048 > Ftabel = 3,98. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran berpendekatan saintifik berorientasi metakognitif terhadap hasil belajar matematika setelah kemampuan numerik dikendalikan.

 


Full Text:

PDF

References


Amri & Ahmadi, 2010. Proses Pembelajaran Kreatif dan Inovatif dalam Kelas. Jakarta: PT. Prestasi Pustakarya

Anastasi & Urbina. 2007. Tes Psikologi. PT Indeks: Jakarta

Ariwahyuni, Made. 2014. “Pengaruh Model Pembelajaran Metakognitif Terhadap Pemahaman Konsep Matematika”, Jurnal Mimbar Universitas Pendidikan Ganesha, Volume 2, Nomor 1. Tersedia pada http://download.portalgaruda.org/article.php?article=138679&val=1342&title=PENGARUH%20MODEL%20PEMBELAJARAN%20METAKOGNITIF%20TERHADAP%20PEMAHAMAN%20KONSEP%20MATEMATIKA (diakses pada tanggan 12 Januari 2017)

Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21: Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta. Ghalia Indonesia

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Laporan Hasil Ujian Nasional tahun 2019. Tersedia pada https://hasilun.puspendik.kemdikbud.go.id/#2019 (diakses pada tanggal 31 Januari 2020)

Kurnianthi, Peby. 2019. “Pengaruh Implementasi Pembelajaran Matematika Realistik terhadap Prestasi Belajar Matematika dengan Pengendalian Kemampuan Numerik pada Siswa Kelas III SD Gugus Kompyang Sujana Denpasar Utara”. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia Universitas Pendidikan Ganesha, Volume 3, Nomor 1. Tersedia pada http://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_pendas/article/view/2864/1468 (diakses pada tanggal 10 Februari 2020)

Listiani, Ni Wayan. 2014. “Penerapan Model Pembelajaran Metakognitif Berbasis Masalah Terbuka Berpengaruh terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Gugus 8 Blahbatuh”. Jurnal Mimbar Universitas Pendidikan Ganesha, Volume 2, Nomor 1. Tersedia pada http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/viewFile/2264/1960 (diakses pada tanggal 12 Januari 2017)

Mawa. 2010. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Berbasis Metode Eksplorasi Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Kemampuan Numerik dan Adversity Quotient Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Payangan. Tesis (tidak diterbitkan). Singaraja: Program Pascasarjana Undiksha.

Nindiasari, H. 2014. “Pendekatan Metakognitif untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Siswa SMA”. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran Universitas Pendidikan Indonesia, Volume 1, Nomor 1. Tersedia pada http://ejournal.sps.upi.edu/index.php/edusentris/article/viewFile/136/106 (diakses pada tanggal 12 Januari 2017)

Rois, D. 2007. Pengajaran Matematika Sesuai Cara Kerja Otak. Jakarta: Corwin Press.Suarjana, & Ngurah Japa. 2014. Pendidikan Matematika I. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha

Santi, N P. A. K. A. 2014. Pengaruh Implementasi Pendidikan Matematika Realistik Terhadap Hasil Belajar Dengan Kovariabel Aktivitas Belajar Dan Kemampuan Numerik Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar 1, 2, 5 Banyuasri Kecamatan Buleleng Kabupaten Buleleng. Jurnal Program Studi Pendidikan Dasar. Vol 4. Undiksha.

Sudiarta, I Gst Putu. 2010. Pengembangan Model Pembelajaran Inovatif. Makalah Disampaikan dalam Pendidikan dan Pelatihan MGMP Matematika SMK. Universitas Pendidikan Ganesha, Karangasem Agustus 2010

Susanto, Ahmad. 2015. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: PrenandaMedia Group

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Woolfolk, Anita. 2009. Educational Psychology: Active Learning Edition. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Edisi kesepuluh. Cetakan pertama




DOI: https://doi.org/10.23887/jpdi.v4i1.3420

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia indexed by:

 

  Crossref JPI JPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.