PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SIKLUS BELAJAR HIPOTESIS - DEDUKTIF DENGAN SETING 5 E (ENGAGEMENT-EKSPLORASI-EKSLPANASI-ELABORASI-EVALUASI) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA (STUDI EKSPERIMEN DI SMA NEGERI 7 DENP
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbedaan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar fisika antara siswa yang mengikuti model pembelajaran siklus belajar hipotesis-deduktif dengan seting 5E dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran langsung. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 7 Denpasar pada siswa kelas X semester II tahun ajaran 2010/2011 dengan jumlah populasi sebanyak 509 orang siswa. Pengambilan sampel dilakukan secara bertahap dengan menggunakan teknik random sampling bertahap (multystage random sampling). Jumlah sampel sebanyak 184 orang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experimental), dengan rancangan eksperimen Post-test Only Control Group Design. Data keterampilan berpikir kritis dikumpulkan dengan menggunakan tes keterampilan berpikir kritis, dan data hasil belajar fisika dikumpulkan dengan menggunakan tes hasil belajar fisika. Data yang telah dikumpulkan dianalisis dengan analisis varians multivariat (MANOVA).
Hasil penelitian ini adalah : (1) Terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar antara siswa yang belajar mengikutui model pembelajaran siklus belajar hipotesis-deduktif dengan seting 5E dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung (diuji dengan MANOVA) dengan nilai F = 40,077 untuk taraf signifikan 0,05 ( a = 5% ), (2) terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis yang signifikan antara kelompok siswa yang mengikuti model pembelajaran siklus belajar hipotesis–deduktif dengan seting 5 E dan kelompok siswa yang belajar mengikuti model pembelajaran langsung (3) terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelompok siswa yang mengikuti model pembelajaran siklus belajar hipotesis–deduktif dengan seting 5 E dan kelompok siswa yang belajar mengikuti model pembelajaran langsung .
Kata kunci: model pembelajaran siklus belajar, berpikir kritis, dan hasil belajar.
THE EFFECT APLCATION OF LEARNING CYCLE HIPOTESIS-DEDUKTIF BY SETTING 5E (ENGAGEMENT-EKSPLORATION-EKSPLANATION-ELABORATION-EVALUATION) MODEL TOWARD THE CRITICAL THINKING SKILL AND LEARNING ACHIEVEMENT IN PHYSIC (EXPERIMENT STUDY OF SMA NEGERI 7 DENPASAR)
ABSTRACT
The research aimed at describing differentiation of critical thinking skill and achievement in physic, were taught by using the learning cycle instruction hyphothesys-deductive by 5E setting model and those who using direct instruction learning model. This research was conducted at SMA Negeri 7 Denpasar to the class X students in Semester II in school year 2010/2011 the population with the total number of 509 students. The sampling was carried out by stratified random sampling technique (multystage random sampling). The sample size was 184 students. This research belonged to quasi-experimental research design with Post-test Only Control Group Design. The data of critical thinking skill were collected by using critical thinking skill test, and the data on learning achievement were collected by using physiccs achievement test. The data were collected were analyzed by Multyvariate Analysis Variance (MANOVA) analysis.
The result of the research showed (1) : There was difference critical thinking skill and study achievement between the students who participate the learning cycle instruction hyphothesys-deductive by 5E setting model and those who using direct instruction learning model (tested by MANOVA) with vielded F = 40,077 for significant at 0,05 (α = 5%), (2) there was a significant difference critical thinking skill between the group of the students who participate the learning cycle hypothesys-deductive by 5E setting instruction model and those who participate direct instruction learning model (3) there was a significant difference of learning result between the group of the students who participate the learning cycle hypothesys-deductive by setting 5E model instruction and those who participate direct instruction learning mode.
Keywords : learning cycle model, critical thinking , and learning Achievement.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal ini diterbitkan oleh :
Universitas Pendidikan Ganesha
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia indexed by:
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.