PENGARUH MODEL PEMBELAJAN CORE BERBANTUAN MEDIA KONKRET TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA SISWA KELAS V SD

Putu Vanny Prima Dewi, I Gst. A. Oka Negara, I Wyn. Sujana

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) berbantuan media konkret dengan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional pada siswa kelas V di SD Gugus Untung Surapati tahun pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan penelitian  nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Gugus Untung Surapati  Tahun Pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 213 orang. Sampel ditentukan dengan teknik random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 6 Sumerta dengan jumlah 31 siswa sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas V SDN 9 Sumerta dengan jumlah 31 siswa sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan mengggunakan metode tes dalam bentuk tes objektif pilihan ganda biasa. Hasil analisis data diperoleh nilai thitung  =  3,75 taraf signifikansi 5% dan dk = 60 diperoleh nilai ttabel =  2,00 sehingga thitung  3,75 > ttabel 2,00. Berdasarkan kriteria pengujian, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Adapun nilai rata-rata kompetensi pengetahuan IPA pada kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran CORE berbantuan media konkret adalah 82,58, sedangkan pada kelompok yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional adalah 73,39. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran CORE berbantuan media konkret terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V di SD Gugus Untung Surapati tahun pelajaran 2016/2017.

Kata kunci: IPA, CORE, media konkret

 

Abstract

The purpose of this research is to know the significant difference of science knowledge competence between group of students who are taught using CORE learning model (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) with concrete media with group of students which is taught by conventional learning in grade V students in SD Gugus Untung Surapati year Lesson 2016/2017. This type of research is a quasi experiment with nonequivalent control group design. The population of this study is all students of grade V SD Surung Untung Surapati Lesson Year 2016/2017 which amounted to 213 people. The sample is determined by random sampling technique. The sample in this research is the students of grade V SDN 6 Sumerta with the number of 31 students as the experimental group and the students of grade V SDN 9 Sumerta with the number of 31 students as the control group. The data collection is done by using the test method in the form of ordinary double choice objective test. The results of data analysis obtained tcount = 3.75 5% significance level and dk = 60 obtained ttable value = 2.00 so thitung 3.75> ttable 2.00. Based on testing criteria, Ho is rejected and Ha accepted. The average value of science knowledge competence in the group of students who were taught using the concrete media-aided CORE learning model was 82.58, while in the group taught using conventional learning was 73.39. So it can be concluded that there is influence of CORE learning model with concrete media aid to science knowledge competence of grade V students in SD Gugus Untung Surapati year lesson 2016/2017

Keywords: IPA, CORE, concrete media

Full Text:

PDF

References


Agung, A. A. Gede. 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Singaraja: FIP Undiksha.

Agung, A. A. Gede. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Singaraja: FIP Undiksha.

Agung, A. A. Gede. 2016. Statistik Dasar untuk Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.

Arikunto, Arikunto. 2015. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers

Astari, Putu Yulia. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran CORE Terhadap Kemampuan Berpikir Divergen Siswa Kelas IV Mata Pelajaran IPS e-journal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, Volume 1 (hlm. 1-11)

Astiningsih, Ni Luh. 2014. Pengaruh Model CORE Berbantuan Media Manipulatif Terhadap Hasil Belajar Matematika. e-journal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, Volume 1 (hlm. 1-11).

Asyar, Rayandra. 2012. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Refrensi Jakarta

BSNP. 2006. Standar Kompetensi Lulusan. Jakarta: Depdiknas

Beniasih, Ni Md. Ayu. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran CORE Berbantuan Media Konkret Terhadap Hasil Belajar IPA. e-journal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, Volume 3 (hal 1-11)

Dantes, Nyoman. 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta: Andi.

Darmadi, Hamid. 2014. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Daryanto, 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Depdiknas. 2003. Kurikulum 2004 Standar Kompetensi untuk Kelas V Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas.

Dwipayanti, Ni Md. Ari. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran ADDIE Berbantuan Media Konkret Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD.

Juniasih, Ni Wyn. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Berbantuan Media Konkret Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD.

Kosasih. 2014. Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Yrama Widya.

Kunandar.2013.Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembang Profesi Guru. Jakarta: Raja GrafindoPersada

Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2014. Sukses Mengimplementasikan Kurikulum 2013. Jakarta : Kata Pena

Kurniasih, Imas dan Sani, Berlin. 2016. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Meningatkan Profesionalitas Guru. Jakarta: Kata Pena

Majid, Abdul. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Tahun 2014. No. 57 tentang Kurikulum 2013 SD/MI

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Tahun 2014. No. 103 tentang Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

Putri, Gst. A. Filla Renita. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran CORE Berbantuan Lingkungan Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis IPA. Pada Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD.

Sagala, Syaiful. 2010. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Sanjaya, Wina. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.

Setyosari, Punaji. 2015. Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2013. Statistik untuk Penelitian. Bandung: ALFABETA.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D). Bandung: Alfabeta.

Sudijono, Anas. 2013. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta. PT. Raja Grafindo Persada.

Sukiman. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta:Pedagogia.

Suprihatiningrum, Jamil. 2013. Strategi Pembelajaran, Toeori dan Aplikasi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media

Susanto, Ahmad.2013. Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Kencana Prenada Media Grup.Jakarta

Suyatno. 2009. Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo: Masmedia Buana Pustaka.

Trianto. 2010. Mendisain Model pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Wicaksana, Ngh Jaya. 2014.Pengaruh Model Pembelajaran CORE Berbasis Koneksi Matematis Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, Volume 2 (hlm 1-11)

Yusuf, Muri. 2015. Asesmen dan Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Predana Media Group.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha




Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia indexed by:

 

  Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch  




Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.