ANALISIS KOMPARASI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BEBAS DAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP BIOLOGI DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF SISWA SMA
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) perbedaan pemahaman konsep biologi antara siswa yang belajar melalui model pembelajaran inkuiri bebas dan siswa yang belajar melalui model pembelajaran inkuiri terbimbing, (2) pengaruh interaksi antara model pembelajaran inkuiri dan gaya kognitif terhadap pemahaman konsep biologi siswa. Jenis penelitian adalah eksperimen semu dengan desain pretest-posttest nonequivalent control group design. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI semester 1 di SMA Negeri 1 Ubud yang berjumlah 120 orang siswa. Pengambilan kelas penelitian berdasarkan teknik random sampling. Data pemahaman konsep dikumpulkan dengan tes obyektif dan data gaya kognitif dikumpulkan dengan test GEFT . Data yang diperoleh dianalisis secara statistik deskriptif dan ANAVA dua jalur dengan hasil sebagai berikut: Pertama, terdapat perbedaan pemahaman konsep biologi antara siswa yang belajar melalui model pembelajaran inkuiri bebas dan siswa yang belajar melalui model pembelajaran inkuiri terbimbing (F=7,208; p<0,05). Kedua, terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan gaya kognitif terhadap pemahaman konsep biologi siswa (F = 65,451 ; p<0,05).
Kata kunci: inkuiri bebas, inkuiri terbimbing, pemahaman konsep, dan gaya kognitif
Abstract
The aims of this study was to analyze: (1) the differences of concept understanding between student’s group who studied with free inquiry learning model and guided inquiry, (2) the interactive effects between cognitive style and learning model in concept understanding of the student’s. This is quasi experiments with pretest-posttest nonequivalent control group design. The samples of this research were students of XI SMAN 1 Ubud. The samples of the class for this study was determined by random sampling technique. Data were collected by the objective test and GEFT test. Data were analyzed using descriptive statistics and two ways anova. Based on research, it was found. First, there are differences of concept understanding between student’s group who studied with free inquiry learning model and guided inquiry (F=7.208; p<0.05). Second, there is an interactive effects between cognitive style and learning model in concept understanding of the student’s (F=65.451 ; p<0.05.
.
Keywords : free inquiry, guided inquiry, concept understanding, and cognitive style.
Full Text:
PDFReferences
Anderson, L.W. and Krathwohl, D. R. (eds). 2002. A Taxonomy for Learning Teaching and Assessing. A Revision of Bloom,s Taxonomy of Education Objectives. New York: Addisin Wesley.
Ardana, I M. 2008. Model Pembelajaran Matematika Berwawasan Konstruktivis yang Berorientasi pada Gaya Kognitif dan Budaya. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, No. 3 Th. XXXXI, Juli 2008.
Arikunto, S. 2002. Prosedur Penelitian. Jakarta: Bumi Angkasa.
Fenica, Istiqomah, I. Wayan Muderawan, and Putu Widiartini. "IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KIMIA." Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia 1.1 (2017): 1-6.
Kuhlthau & Todd. 2007. Guided Inquiry: A Framework for Learnng Through School Librariesin 21st century Schools. Artikel. Tersedia pada http://cissl.scils.rutgers.edu/guidedinquiry/introduction.html. Diakses pada tanggal 14 Juli 2014.
Oktaviani, L. 2014. Pengaruh Model Problem Based Learning Berbasis Asesmen Kinerja Terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau dari Gaya Kognitif . Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. Tersedia pada http://ejournal.undiksha.ac.id. Diakses pada tanggal 14 November 2014).
Suparno, P. 1997. Filsafat Kontruktivisme dalam Pendidikan. Yogyakarta: Kasinius.
Susanti, Ni Made, I. Nyoman Suardana, and Made Suwenten. "PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KIMIA DI KELAS X MIPA." Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia 1.2 (2017): 53-59.
Witkin,H.A., et al. 1979.Field dependent and Field independent Cognitive Styles and Their Education Implication. New York: American Education Research Journal.
Woolfolk, Anita E. 1998. Educational Psychology. Singapore: Allyn and Bacon.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal ini diterbitkan oleh :
Universitas Pendidikan Ganesha
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia indexed by:
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.