PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP BIOLOGI DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMA.

K. Suartika, I B. Arnyana, G A. SETIAWAN

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran group investigation (MPGI) terhadap pemahaman konsep biologi dan keterampilan berpikir kreatif siswa. Jenis penelitian adalah quasi experimental dengan rancangan the post test-only control group design.Populasi penelitian ini adalah siswa SMAN 2 Negara dengan sampel penelitian berjumlah 64 orang yang diambil secara acak. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis MANOVA.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah sebagai berikut. 1) terdapat perbedaan pemahaman konsep dan keterampilan berpikir kreatif siswa antara siswa yang mengikuti MPGI dan siswa yang mengikuti model pembelajaran MPLC (Fhitung = 32,272); 2) terdapat perbedaan pemahaman konsep antara siswa yang mengikuti MPGI dan siswa yang mengikuti MPLC (Fhitung = 47,990); 3) terdapat perbedaan keterampilan bepikir kreatif antara siswa yang mengikuti MPGI dan siswa yang mengikuti MPLC (Fhitung = 16,317).

 

Kata kunci: pembelajaran group investigation, pemahaman konsep, keterampilan berpikir kreatif.

Abstract

This study aimed to determine the effect of the implementation of group investigation learning model for understanding biology concepts and creative thinking skill of the students. Kind of this research is quasi experimental with pattern post-test only control group design. The population of this research is 64 students of SMA Negeri 2 Negara taken randomly. The data analyzed by MANOVA.

The conclution of this research are: First, there are differences in understanding the concepts and creative thinking skill of the students who took group investigation with cycle learning model (F = 32,272). Second, differences in understanding concepts between the students who took group investigation and cycle learning model (F = 47,990).Third, differences in creative thinking skill between the student who took group investigation and learning cycle model ( F = 16,317).

.

Keywords: group investigation learning, understanding of concepts, creative thinking skill


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha




Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia indexed by:

 

  Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch  




Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.