PENGARUH MODEL SIKLUS BELAJAR SETTING 5E TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN SIKAP ILMIAH SISWA

I KETUT SUASTIKA ., Prof. Dr I Wayan Sadia,M.Pd ., Prof. Dr. Ketut Suma, MS .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) perbedaan sikap ilmiah dan pemahaman konsep siswa yang belajar dengan model pembelajaran siklus belajar setting 5E dengan siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional, (2) perbedaan sikap ilmiah antara siswa yang belajar dengan pembelajaran model siklus belajar setting 5E dan siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional, (3) perbedaan pemahaman konsep fisika antara siswa yang belajar dengan pembelajaran model siklus belajar setting 5E dan siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan rancangan post-test only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMAN 1 Banjarangkan pada tahun pelajaran 2012/2013 yang terdiri dari 3 kelas dengan jumlah populasi sebanyak 96 siswa. Jumlah sampel dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas, siswa kelas XI IPA1 sebagai kelompok eksperimen, serta kelas XI IPA2 sebagai kelompok kontrol. Instumen pengumpul data berupa tes pemahaman konsep fisika dan kuisioner sikap ilmiah. Analisis data dilakukan dengan statistik deskriptif, dan uji MANOVA pada taraf signifikan 5%, yang dilanjutkan dengan uji Least Significant Difference (LSD) untuk menguji komparasi pasangan nilai rata-rata tiap kelompok perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan sikap ilmiah dan pemahaman konsep fisika siswa yang belajar dengan model pembelajaran model siklus belajar setting 5E dengan siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional (F = 53,726; p<0,05), (2) terdapat perbedaan sikap ilmiah antara siswa yang belajar dengan pembelajaran model siklus belajar setting 5E dan siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional (F= 56,949; p<0,05), (3) terdapat perbedaan pemahaman konsep fisika antara siswa yang belajar dengan pembelajaran model siklus belajar setting 5E dan siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional (F = 56,778; p<0,05).
Kata Kunci : Model Siklus Belajar setting 5E, pemahaman konseo, sikap ilmiah

The aim of this research is to analyze (1) the difference of student’s scientific attitude and concept understanding between group of students that learned through 5E Learning Cycle Model and group of students that learned through Conventional Learning Model, (2) the difference of student’s scientific attitude between students who learned through 5E Learning Cycle Model and the students that learned through Conventional Learning Model, (3) the difference of physics concept understanding between students that learned through 5E Learning Cycle Models and the students that learned through Conventional Learning Model. The type of this research is quasi experimental study with Post-test Only Control Group Design. The population of the study were all students of SMA Negeri 1 Banjarangkan in academic year 2012/2013 which consists of 3 classes with a total population 96 students. The number of samples in this study consists of two classes, the students of class XI IPA 1 as experiment group, and class XI IPA 2 as a control group. The instrument of data collection were test of physics understanding concepts and the quisioneirre of students’ scientific attitude. The data were analyzed by descriptive statistics and MANOVA test followed by the Least Significant Difference test (LSD) to test the comparative of average value on each group. The results showed that, (1) there is a difference of scientific attitude and the students’ physics understanding concept that learned through 5E learning Cycle Model with students that learned through Conventional Learning Model (F = 53,726; p<0,05), (2) there is a difference in scientific attitude between students that learned through 5E Learning Cycle Models with students that learned through Conventional Learning Model (F = 56,949, p<0.05), (3) there is difference between students’ physics understanding concept that learned through 5E Learning Cycle Model with students that learned through Conventional Learning Model (F = 56,778, p <0.05).
keyword : Learning Cycle Model setting 5E, concept understanding, scientific attitude

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha




Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia indexed by:

 

  Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch  




Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.